Peran Pelaku Usaha dalam Peningkatan Penjualan UMKM Brownies Ketos di Desa Pipa Putih Pemulutan
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.389Kata Kunci:
Peningkatan Penjualan, Peran Pelaku Usaha, UMKMAbstrak
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan, memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat, dan mendorong pertumbuhan ekonomi. UMKM mampu menyerap tenaga kerja dalam skala besar mengingat jumlah penduduk Indonesia yang besar sehingga hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui peran pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan UMKM Brownies Ketos Di Desa Pipa Putih Pemulutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tipe deskriptif. Proses analisis data dilakukan dengan menyajikan data yang diperoleh dari gambar dan wawancara langsung bersama pelaku usaha untuk kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil dari Kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukan bahwa UMKM ini dapat menjadi peningkatan pendapatan bagi pelaku UMKM dan warga sekitar, walaupun masih kurangnya peran pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan, sehingga penulis memberikan saran kepada pelaku usaha untuk mempromosikan UMKM nya di social media dengan tujuan jangkauan penjualan yg luas.
Referensi
Purwaningsih, D. W. (2023). Pengaruh Social Environment, Religiosity dan Sharia Financial Knowledge Terhadap Minat Menggunakan Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada UMKM Kabupaten Wonogiri). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 2364-2373.
Pudjowati, J., Wahyuni, S. T., Inayah, N. L., & Sayyid, M. (2023). PERAN PELAKU USAHA DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN UMKM KRIPIK BROWNIES KRIBRO” DI KOTA SURABAYA. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9648-9654.
Menajang, H. (2019). Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kota Manado. Jurnal Pembangunan Ekonomi Dan Keuangan Daerah, 16(4).
Robiyanto, A. (2020). PENGARUH ARUS KAS DAN LABA AKUNTANSI TERHADAP RETURN SAHAM PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA (Doctoral dissertation, 021008 Universitas Tridinanti).
Wardana, Y. (2021). TA: Rancang Bangun Aplikasi Penentuan Harga Pokok Produk dan Pembuatan Laporan Laba Rugi pada UMKM Pamurbaya (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).
Arliani, L., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Perilaku Pelaku Usaha Dan Modal Usaha Terhadap Keberhasilan Umkm
Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk Umkm Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition: Jurnal Ilmiah Manajemen. Https://Doi.Org/10.32670/Coopetition.V12i1.279
Faisal, M., Widjaja, S. U. M., & Hermawan, A. (2021). Literasi Ekonomi Pelaku Usaha Ukm Culinary Market. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. Https://Doi.Org/10.17977/Jptpp.V5i11.14169
Putri, D. P. S., Bakti, P., Supono, I., Zulziar, M., & Wibowo, P. (2020). Optimalisasi Penjualan Online Untuk Kelompok Usaha. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Faroman, S. (2023). Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Pustaka Mitra.
Singgih, C. T., Galahartlambang, Y., & Firdawati, Y. (N.D.). Pelatihan Digital Marketing Umkm Kawasan Pondok Pesantren Rejoso Peterongan Jombang. 41, 414–417
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sari Rahayu, Trisninawati Trisninawati, Andrian Noviardy, Heriyanto Heriyanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



