Peningkatan Pemberdayaan Kelompok Perempuan Dusun Cakru'an Klopo Kuning Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang melalui Usaha Produk Olahan Pisang yang Berkelanjutan

Penulis

  • Nilam Andalia Kurniasari Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Masitoh Indriani Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Adhy Riadhy Arafah Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Kautsar Ismail Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Fitrillah I Hi Subur Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Catur Alam Pinandang Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia
  • Mochammad Rizqy Nandawaputra Fakultas Hukum, Universitas Airlangga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.386

Kata Kunci:

Olahan Pisan, Pemberdayaan Perempuan, Produk Desa, SDGS, UMKM

Abstrak

Program pembinaan mitra yang berfokus pada peningkatan pemberdayaan kelompok perempuan Dusun Cakru’an melalui usaha produk olahan pisang yang berkelanjutan menjadi suatu pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan pendampingan yang mencakup berbagai tahap. Tahap tersebut dimulai dari pendampingan pada peningkatan keterampilan dalam pengemasan produk hingga strategi perluasan jaringan pemasaran. Program ini juga mengintegrasikan pelatihan dasar pemasaran, khususnya pemasaran digital, guna memperluas cakupan produk mitra di pasar yang semakin dinamis. Langkah-langkah dalam pengabdian masyarakat ini didesain untuk memaksimalkan potensi mitra dalam mengembangkan produk dan mencapai lebih banyak pelanggan. Evaluasi berkala menjadi landasan untuk memastikan keberhasilan strategi pemberdayaan, sambil memberikan ruang bagi perbaikan dan peningkatan berkelanjutan. Dengan demikian, pemberdayaan masyarakat diarahkan pada peningkatan kemandirian ekonomi mitra, berkontribusi pada kesejahteraan keluarga, dan mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Kesimpulan ini menegaskan peran penting pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidup dan menciptakan dampak positif dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Referensi

Agustina., Rulyanti Susi Wardhani. Yulia. “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI DAYA SAINGPADA SENTRA INDUSTRIMAKANAN KHAS BANGKA DI KOTAPANGKALPINANG.” Jurnal Unej 10, no. 2 (2014). https://doi.org/10.19184/jauj.v10i2.1252.

Anggalih, Nanda Nini. “Analisis Perbandingan Kemasan Berkelanjutan Dengan Berbahan Dasar Material Alam” 22, no. 1 (2022): 8–17. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.8-17.

Asmara, Anugerah Yuka. “Implementasi Program Pelatihan Pemberdayaan Perempuan,” 2017, 127–37.

Batubara, Silviana, Fithra Maharani, and Makhrani Makhrani. “Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dan Pengelolaan Media Digital.” E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1023–32. https://doi.org/10.47492/eamal.v2i1.1237.

Boediono. Teori Pertumbuhan Eknomomi. Yogyakarta: BPFE, 1993.

Dewi, Mariena, Musa Hubeis, and Etty Riani. “Strategi Pemasaran UMKM Dalam Meningkatkan Daya Saing Di Pasar Ritel Modern Carrefour (Kasus PT MadaniFood, Jakarta).” MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah 15, no. 1 (2020): 77–83.

Kottler. P., & Amstrong G. Principle of Marketing. Pearson Prentice Hall: Global Edition, 2001.

Kusnandar, Kusnandar, Mohamad Harisudin, R. Kunto Adi, Rr. Aulia Qonita, Isti Khomah, Erlyna Wida Riptanti, and Nuning Setyowati. “Perbaikan Kemasan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk Ukm Murni Snack.” Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2021): 320. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i2.34958.

Lubis, Tona Aurora, Novita Ekasari, Ade Perdana Siregar, Universitas Jambi, Kampus Pinang, Masak Mendalo, and Universitas Jambi. “Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Perluasan Pangsa Pasar Produk Souvenir Di Desa Pudak Kabupaten Muaro Jambi” 4, no. 1 (2022): 7–11.

Nulhaqim, Susi Hendirani dan Soni A. “Pengaruh Pelatihan Dan Pembinaan Dalam Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Mitra Binaan PT (Persero) Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai.” Jurnal Kependudukan Padjadjaran, no. July (2008): 1–23. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2015/03/JURNAL-PENGARUH-PELATIHAN-DAN-PEMBINAAN-DALAM-MENUMBUHKAN.pdf.

Rahmi, Eko Sasono &. “Manajemen Inovasi Pada Usaha Kecil Menengah.” JURNAL STIE SEMARANG 6, no. 3 (2014): 79–40. http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.p%0Ahp/jurnal/article/view/122/95.

Sugiyono. “METODE PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN (Research and Development/ R&D),” 2019, 38.

Sulistiyani. Kemitraan Dan Model-Model Pemberdayaan. Yogyakarta: Gaya Media, 2004.

Sunandar, Ari, and Adi Pasah Kahar. “Morphology and Anatomy Characteristic of Pisang Awak (Musa Paradisiaca Cv. Awak) in West Kalimantan.” Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education 9, no. 3 (2017): 579. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v9i3.11258.

Widayanti, Sri. “Pemberdayaan Masyarakat : Pendekatan Teoritis.” Ilmu Kesejahteraan Sosial 1, no. 1 (2012): 87–102.

Diterbitkan

12-05-2024

Cara Mengutip

Kurniasari, N. A., Indriani, M., Arafah, A. R., Ismail, K., Subur, F. I. H., Pinandang, C. A., & Nandawaputra, M. R. (2024). Peningkatan Pemberdayaan Kelompok Perempuan Dusun Cakru’an Klopo Kuning Desa Jambuwer, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang melalui Usaha Produk Olahan Pisang yang Berkelanjutan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(2), 301–310. https://doi.org/10.54082/jpmii.386