Peningkatan Kompetensi Siswa/Siswi SMK Al Hidayah melalui Edukasi Zahir Accounting
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.358Kata Kunci:
Akuntansi, Digitalisasi, Siswa/I SMKAbstrak
Proses Akuntansi dimulai dari proses indentifikasi transaksi, dilanjutkan dengan pencatatan yang dapat dilakukan secara manual maupun dengan menggunakan digitalisasi komputerisasi. Pencatatan akuntansi secara manual sudah diterapkan kepada para siswa/siswi SMK sebagai materi ajar pembelajaran. Namun sayangnya, beberapa SMK masih tertingga informasi mengenai aplikasi komputer akuntansi hari hasil karya anak bangsa untuk dapat dipelajari dan di praktekkan sebagai bentuk simulasi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi komputer. Keahlian ini sangat diperlukan untuk menambah ketrampilan para peserta siswa/I SMK setempat dalam meningkatkan kompetensi keahlian dibidang akuntansi serta sertifikasi akuntansi. Oleh karena itu kegiatan pengabdian difokuskan pada pelatihan para pelaku siswa/siswa SMK Al Hidayah untuk pelatihan digitalisasi akuntansi dengan menggunakan software aplikasi akuntansi (Zahir Desktop) di Kabupate Cinere. Tahapan-tahapan yang dilakukan dalam kegiatan abdimas berikut adalah: 1). Memberikan pelatihan keilmuan tentang akuntansi secara digitalisas komputerisasi dengan menggunakan Zahir Desktop kepada para peserta siswa/I SMK Al Hidayah. 2) memberikan pengajaran terhadap para peserta siswa/siswa SMK Al-Hidayah pengetahuan dan ketrampilan dalam bidang Akuntansi. 3) Melakukan pemantauan dan pendampingan yang berkesinambungan terhadap para peserta siswa/I SMK Al-Hidayah hingga proses pembelajaran akuntansi baik digitalisasi komputer akuntansi zahir accounting dapat berjalan lancar di lingkungan peserta siswa/I SMK Al Hidayah.
Referensi
Aqham, A. A. (2022). Perkembangan Komputer Akuntansi di Dunia Usaha. http://komputerisasi-akuntansi-d4.stekom.ac.id/informasi/baca/Perkembangan-Komputer-Akuntansi-Di-Dunia-Usaha/451e7470b4f5da501cd95543e8a874c4fb1aa542
Karmawan, I. M. (2017). Peran Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengolahan Data Transaksi. https://sis.binus.ac.id/2017/02/03/peran-sistem-informasi-akuntansi-dalam-pengolahan-data-transaksi/
Kocsis, D. (2019). A conceptual foundation of design and implementation research in accounting information systems. International Journal of Accounting Information Systems, 34, 100420. https://doi.org/10.1016/J.ACCINF.2019.06.003
Novayanti, D., & Herliana, K. (n.d.). Peran Dunia Pendidikan Untuk Meningkatkan Sistem Informasi Akuntansi dalam Era Big Data dan Revolusi Industri di Indonesia. In Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT).
Senastri, K. (2022, August 18). MYOB adalah: Ini kelebihan dan Fungsinya. https://accurate.id/akuntansi/myob-adalah/#Awal_Mula_MYOB_Asia
Zeinora; Septariani, D. (2020). Analisis Kelebihan dan Kekurangan serta Kebermanfaatan Menggunakan Software Accurate, MYOB, Zahir Accounting dan Penerapannya di Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics (JABE) , Vol. 6(No. 4), 341–353.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ayunita Ajengtiyas Saputri Mashuri, Rahmasari Fahria, Tri Siswantini

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



