Pelatihan Penulisan Proposal Skripsi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis pada Pemuda Gereja di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.345Kata Kunci:
Pelatihan Menulis, Pemuda Gereja, Penelitian, PublikasiAbstrak
Mengamati adanya penurunan kualitas proposal skrispsi yang ditulis oleh mahasiswa dan aktivitas tatap muka dengan dosen yang dibatasi akibat Covid-19 maka pengabdian kepada masyarakat ini dirancang dengan tujuan memberikan tambahan pemahaman kepada peserta yang merupakan pemuda gereja dari berbagai kota di Indonesia yang sedang dalam tahap penyusunan proposal dan skripsi. Metode pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap yakni ceramah, tanya jawab, dan ruang konsultasi. Materi disajikan oleh beberapa narasumber yang ahli dalam bidang penulisan dan penelitian. Setelah itu diikuti dengan adanya ruang konsultasi yang dilayani oleh dosen dari beberapa perguruan tinggi. Ruang konsultasi dibagi sesuai bidang ilmu peserta yakni Manajemen, Keuangan, Akuntansi, Perpajakan, Komunikasi, Kehutanan dan Pemerintahan, serta Teologi. Proses pelatihan berjalan dengan lancar. Hasil pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan menulis para peserta dalam menulis proposal skripsi. Hal ini dibuktikan melalui aksi peserta sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Sebelum tim melakukan pelatihan, peserta mengalami kebingungan terkait penulisan struktur latar belakang sampai metodologi penelitian namun setelah melakukan pelatihan dan konsultasi, peserta mampu merevisi draft proposal sesuai dengan kaidah ilmiah yang telah disajikan dalam pelatihan.
Referensi
Agustina, Y., Ningsih, S. S., & Mulyati, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 134–145.
Endarhadi A, V. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 5 Metro. In Skripsi.
Gasperzs, J., Limba, F. B., Engko, C., Layn, Y., Gainau, P. C., Bonara, R., & Putuhena, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Laporan Keuangan Ukm Menggunakan Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 44–49. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/33204
Gratton, C., & Jones, I. (2022). Research Methods for Sports Studies. In Research Methods for Sports Studies. https://doi.org/10.4324/9781003195467
Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10. https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429
Pratama, R. A., Anggraini, R., & Hermano, D. H. (2017). Kualitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi. InterKomunika, 2(2), 114. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.23
Sapitri, T. (2021). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Kuliah Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VIII di MTS Hidayatul Khair Pekurun Udik Lampung Utara. In Skrispi.
Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Skripsi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13565
Suyono, Amaliah, R., Ariani, D., & Luciandika, A. (2016). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Gunung Samudera, September 2018, 2. http://www.bookmart.co.id
Zain, S. M., Ab-Rahman, M. S., Mohd Ihsan, A. K. A., Zahrim, A., Mohd Nor, M. J., Mohd Zain, M. F., Hipni, A., Ramli, N. L., & Wan Ghopa, W. A. (2011). Motivation for research and publication: Experience as a researcher and an academic. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 18, 213–219. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.05.030
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rosinta Ria Panggabean, Paskanova Christi Gainau

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.