Pelatihan Penulisan Proposal Skripsi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis pada Pemuda Gereja di Indonesia

Penulis

  • Rosinta Ria Panggabean Jurusan Akuntansi dan Keuangan, Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Universitas Bina Nusantara, Indonesia
  • Paskanova Christi Gainau Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pattimura, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.345

Kata Kunci:

Pelatihan Menulis, Pemuda Gereja, Penelitian, Publikasi

Abstrak

Mengamati adanya penurunan kualitas proposal skrispsi yang ditulis oleh mahasiswa dan aktivitas tatap muka dengan dosen yang dibatasi akibat Covid-19 maka pengabdian kepada masyarakat ini dirancang dengan tujuan memberikan tambahan pemahaman kepada peserta yang merupakan pemuda gereja dari berbagai kota di Indonesia yang sedang dalam tahap penyusunan proposal dan skripsi. Metode pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahap yakni ceramah, tanya jawab, dan ruang konsultasi. Materi disajikan oleh beberapa narasumber yang ahli dalam bidang penulisan dan penelitian. Setelah itu diikuti dengan adanya ruang konsultasi yang dilayani oleh dosen dari beberapa perguruan tinggi. Ruang konsultasi dibagi sesuai bidang ilmu peserta yakni Manajemen, Keuangan, Akuntansi, Perpajakan, Komunikasi, Kehutanan dan Pemerintahan, serta Teologi. Proses pelatihan berjalan dengan lancar. Hasil pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan menulis para peserta dalam menulis proposal skripsi. Hal ini dibuktikan melalui aksi peserta sebelum dan setelah diberikan pelatihan. Sebelum tim melakukan pelatihan, peserta mengalami kebingungan terkait penulisan struktur latar belakang sampai metodologi penelitian namun setelah melakukan pelatihan dan konsultasi, peserta mampu merevisi draft proposal sesuai dengan kaidah ilmiah yang telah disajikan dalam pelatihan.

Referensi

Agustina, Y., Ningsih, S. S., & Mulyati, H. (2021). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Menggunakan Aplikasi SI APIK Pada UMKM. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 134–145.

Endarhadi A, V. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Spiritual Peserta Didik Kelas X Pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 5 Metro. In Skripsi.

Gasperzs, J., Limba, F. B., Engko, C., Layn, Y., Gainau, P. C., Bonara, R., & Putuhena, H. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Laporan Keuangan Ukm Menggunakan Aplikasi Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 44–49. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/33204

Gratton, C., & Jones, I. (2022). Research Methods for Sports Studies. In Research Methods for Sports Studies. https://doi.org/10.4324/9781003195467

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 10. https://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429

Pratama, R. A., Anggraini, R., & Hermano, D. H. (2017). Kualitas Komunikasi Interpersonal Dosen Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Skripsi. InterKomunika, 2(2), 114. https://doi.org/10.33376/ik.v2i2.23

Sapitri, T. (2021). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Kuliah Pelajaran Akidah Akhlaq Kelas VIII di MTS Hidayatul Khair Pekurun Udik Lampung Utara. In Skrispi.

Susetyo, S., & Sarwono, S. (2020). Pelatihan Penulisan Proposal Penelitian Skripsi Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45–56. https://doi.org/10.33369/jurnalinovasi.v1i1.13565

Suyono, Amaliah, R., Ariani, D., & Luciandika, A. (2016). Cerdas Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Gunung Samudera, September 2018, 2. http://www.bookmart.co.id

Zain, S. M., Ab-Rahman, M. S., Mohd Ihsan, A. K. A., Zahrim, A., Mohd Nor, M. J., Mohd Zain, M. F., Hipni, A., Ramli, N. L., & Wan Ghopa, W. A. (2011). Motivation for research and publication: Experience as a researcher and an academic. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 18, 213–219. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.05.030

Diterbitkan

24-02-2024

Cara Mengutip

Panggabean, R. R., & Gainau, P. C. (2024). Pelatihan Penulisan Proposal Skripsi sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis pada Pemuda Gereja di Indonesia. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 191–200. https://doi.org/10.54082/jpmii.345