Penguatan Keterampilan Komunikasi dan Kerjasama Siswa Melalui Program Outbound pada Yayasan Nur Hidayah Surakarta Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.331Kata Kunci:
Outbound, Kolaborasi, KomunikasiAbstrak
Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui dampak program outbound terhadap peningkatan keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa Yayasan Nur Hidayah Surakarta. Program ini dirancang untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa dengan memberikan pengalaman belajar yang fokus pada kegiatan kelompok dan interaksi interpersonal. Metode pelaksanaan berdasarkan pendekatan eksperimen dengan partisipan siswa Yayasan Nur Hidayah Surakarta Jawa Tengah. Kegiatan program meliputi latihan komunikasi verbal dan nonverbal, permainan kelompok, dan tantangan kooperatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara, dan analisis statistik digunakan untuk menilai perubahan sebelum dan sesudah program. Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi dan kolaborasi siswa meningkat secara signifikan. Umpan balik positif dari peserta, guru, dan orang tua menegaskan efektivitas program dalam membawa perubahan positif dalam lingkungan pembelajaran. Kajian ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih mendalam mengenai potensi program outbound sebagai sarana penguatan keterampilan sosial siswa dan mempunyai implikasi penting bagi pengembangan kurikulum dan pendidikan karakter.
Referensi
Dhewy, R. C. (2023). PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELOMPOK BERMAIN MELALUI KEGIATAN OUTBOUND. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(8), 6017-6022.
Erva, R. A., Yuyun Yulia, & Ana Fitrotun Nisa. (2022). Implementasi Metode Outing Class di Sentra Industri Kerajinan Bambu Ngampiran sebagai Sarana Apresiasi Karya Seni Berbasis Kearifan Lokal. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(3), 48-56.
Kusuma, S., & Tampilen Kaban. (2022). Analisis Implementasi Pembelajaran Outing Class pada Mata Pelajaran PKn di SMA Plus Al-Azhar Medan. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 6(2), 421-430.
Nurhayati, S., Melwany May Pratama, & Ida Windi Wahyuni. (2020). Perkembangan Interaksi sosial Dalam meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Permainan Congklak Pada Anak usia 5-6 tahun. Jurnal Buah Hati, 7(2), 125-137.
Nurkhasani. (2021). Efektivitas Metode Bermain Peran untuk Meningkatkan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Baru Sekolah Dasar. Dimensi Pendidikan, 17(2), 63-77.
Solkhan, M. (2019). Analisis Pengaruh Komunikasi Dan Interaksi Pada Kegiatan Outbound Training Terhadap Kerjasama Pegawai. Jurnal Nomosleca, 5(2), 139-154.
Wahyuni, L. (2022). Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Kartu Bergambar di TK Al Hamidy Mataram. Jurnal Paedagogy, 7(1), 43-51.
Yunaida, H., & Tita Rosita. (2018). Otbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini. JURNAL COMM-EDU, 1(1), 30-37.
Yunari. (2018). Pengembangan Metode Bermain Peran Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. SENDIKA: Seminar Pendidikan, 2(1), 265-270.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rizal Adi Nugraha, Sitti Retno Faridatussalam

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.