Bimbingan Teknis Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dan Menengah di Kabupaten Bantul

Penulis

  • Devi Merina Tuz Sa'diyah Pendidikan Luar Sekolah, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Catur Sakti, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.314

Kata Kunci:

Guru, Karya Tulis Ilmiah, Pelatihan, Publikasi

Abstrak

Fokus kajian ini adalah memaparkan pemberdayaan masyarakat khususnya peningkatan kompetensi para guru sekolah dasar dan menengah di Kabupaten Bantul. Kegiatan ini digagas sebagai salah satu solusi atas kendala para guru yang kesulitan dalam menulis serta mempublikasikan karya tulis ilmiah. Hal tersebut menjadi sebab mengapa mayoritas purnabakti dalam golongan IV/a, mengingat penulisan karya tulis ilmiah merupakan syarat mutlak untuk pengajuan kenaikan pangkat dan golongan. Kegiatan ini diselenggarakan dalam bentuk bimbingan teknis dalam dua hari dengan menggunakan beberapa metode ceramah, diskusi dan learning by project. Setiap peserta memperoleh paparan materi dan kesempatan untuk berdiskusi mengenai penulisan karya tulis ilmiah. Selanjutnya peserta akan dibimbing secara lebih intens melalui penugasan menggunakan metode learning by project. Hasil yang diperoleh melalui kegiatan ini adalah 1) peserta mengetahui dasar-dasar penulisan karya tulis ilmiah; 2) peserta mengetahui tata cara penulisan karya tulis ilmiah; 3) peserta mengetahui cara publikasi karya tulis ilmiah; 4) peserta dapat membuat karya tulis ilmiah dan mempublikasikannya.

Referensi

Brunstein, J., Sambiase, M. F., & Brunnquell, C. (2018). An assessment of critical reflection in management education for sustainability: A proposal on content and form of shared value rationality. Sustainability (Switzerland), 10(6). https://doi.org/10.3390/su10062091

Dahlan, S., Rahmadiyanthi, R., Abriani M., C., & Hermawan, R. (2022). Pelatihan Penyusunan Rancangan Penelitian Tindakan bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i01.30

Elihami, E. (2020). Improving management for learning al-islam and kemuhammadiyahan in nonformal department. Jurnal Edukasi Nonformal, 1. https://ummaspul.e-journal.id/

Emaliana, I. (2020). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru MGMP Bahasa Inggris SMA/MA se-Malang Raya. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 273–279. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v3i2.3380

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Morojele, P. (2017). Indigenous knowledge/s of survival: implications for lifelong learning among the Basotho herding fraternity. Educational Research for Social Change, 6(1), 38–55. https://doi.org/10.17159/2221-4070/2017/v6i1a4

Muncarno, Astuti, N., Rapani, & Diana, S. M. (2022). Pelatihan Penyusunan Jurnal Penelitian Pendidikan Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Punggur Lampung Tengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(01), 34–37. https://doi.org/10.23960/jpmip.v1i01.34

Mustangin, Kusniawati, D., Islami, N., Setyaningrum, B., & Prasetyawati, E. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Potensi Lokal Melalui Program Desa Wisata di Desa Bumiaji. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Sosiologi, 2(1), 59–72.

Sufyan, A., Nurhalim, K., & Shofwan, I. (2019). Learning Management of Nonformal Education Units in Sanggar Kegiatan Belajar. Journal of Nonformal Education, 5(1), 57–66. https://doi.org/10.15294/jne.v5i1.18335

Sugiyarti, S., Fitriani, N., & Vebrian, R. (2019). Penulisan Artikel Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Se-Kabupaten Bangka. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 3(1), 1–5. https://doi.org/10.37859/jpumri.v3i1.1294

Syaparuddin, S. (2020). Peranan Pendidikan Nonformal dan Sarana Pendidikan Moral. Jurnal Edukasi Nonformal, 1. https://ummaspul.e-journal.id/

Yusri, Y. (2013). Strategi Pembelajaran Andragogi. Jurnal Ilmiah, 12(1).

Diterbitkan

26-01-2024

Cara Mengutip

Sa’diyah, D. M. T. (2024). Bimbingan Teknis Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dan Menengah di Kabupaten Bantul. Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 19–24. https://doi.org/10.54082/jpmii.314