Trial Class Bahasa Jepang untuk Pekerjaan (Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Jepang untuk Hidup dan Bekerja di Jepang) di Politeknik Takumi

Penulis

  • Dina Dwi Astartia Program Studi D3 Bahasa Jepang, Politeknik Takumi, Cikarang, Indonesia
  • Intan Hapsari Program Studi D3 Bahasa Jepang, Politeknik Takumi, Cikarang, Indonesia
  • Andi Novita Rozaliana Fadillah Program Studi D3 Bahasa Jepang, Politeknik Takumi, Cikarang, Indonesia
  • Aldilah Alifany Darrienda Program Studi D3 Bahasa Jepang, Politeknik Takumi, Cikarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jpmii.311

Kata Kunci:

Bahasa Jepang untuk Pekerjaan, Can-do, Irodori, Pengajaran, Politeknik Takumi, Trial Class

Abstrak

Peningkatan kebutuhan terhadap pekerja migran di Jepang membuat kebutuhan (demand) pada pembelajaran Bahasa Jepang untuk menunjang pekerjaan serta kehidupan di Jepang turut meningkat. Sejak The Japan Foundation (JF) menyelenggarakan test untuk bahasa Jepang tingkat dasar atau dikenal dengan Japan Foundation Test for Basic (disingkat JFT-Basic), pada tahun 2019 JF membuat buku ajar yang dikenal dengan Irodori Seikatsu no Nihongo. Irodori memiliki beberapa level, yakni tingkat dasar 1 dan 2 serta level pemula (Nyuumon). Irodori ini dibuat untuk menunjang pembelajar asing yang ingin bekerja ke Jepang atau hidup di Jepang. Jurnal pengabdian masyarakat ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui pencapaian siswa terhadap target perkuliahan di Politeknik Takumi pada mata kuliah PBJ102 (Bahasa Jepang untuk Pekerjaan) di level A1 dengan menggunakan materi Irodori Nyumon. Selain itu, trial class ini juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran (awareness) serta minat siswa SMA/SMK/sederajat terhadap pembelajaran di tingkat perguruan tinggi. Dengan demikian, pengenalan perkuliahan PBJ102 dengan materi ajar dari Irodori tingkat pemula ini dapat menjadi sarana bagi pengajar bahasa Jepang Politeknik Takumi untuk mengetahui pencapaian target pembelajaran serta tingkat minat pembelajar dalam melanjutkan studi di tingkat yang lebih tinggi. Pada studi ini diketahui rasio 5:6 siswa mencapai target kompetensi (can do) dan setelah dilakukan evaluasi di akhir, minat siswa meningkat menjadi sebesar 67% dari awalnya hanya 17% saja peserta memiliki minat yang kuat dalam melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah siswa yang langsung mendaftar di Politeknik Takumi setelah mengikuti Trial Class.

Referensi

Adachi, S., Kasai, Y., Kumano, N. (2023). Development and Operation of the “IRODORI Japanese Online Course”. Japan Foundation Repository, 19, 15-30. https://jpf.repo.nii.ac.jp/record/1104/files/6kiyou19_adachi.pdf

Irodori Cando Check https://www.irodori.jpf.go.jp/assets/data/starter/pdf/X_candocheck.pdf

Irodori Indonesia https://sites.google.com/view/jf-irodori/halaman-muka

Ministry of Health Labour and Welfare Japan. 2022. Summary of Current Situation of Foreign Employment. https://www.mhlw.go.jp/stf/newpage_30367

Rochim, J.F., Fadillah, A.N.R., Darrienda, A.A., Alissa, V., Sitanggang, M. (2023). Workshop Pengajaran Bahasa Jepang bagi Pengajar Nagomi Kaigo Gakkou. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 3(2). 629-634. https://doi.org/10.54082/jamsi.713

Diterbitkan

29-01-2024

Cara Mengutip

Astartia, D. D., Hapsari, I., Fadillah, A. N. R., & Darrienda, A. A. (2024). Trial Class Bahasa Jepang untuk Pekerjaan (Kemampuan Berkomunikasi dalam Bahasa Jepang untuk Hidup dan Bekerja di Jepang) di Politeknik Takumi . Jurnal Pengabdian Masyarakat Inovasi Indonesia, 2(1), 81–88. https://doi.org/10.54082/jpmii.311