Edukasi Pengenalan Konservasi Energi dan Sumber Energi Baru Terbarukan pada Siswa SD Negeri 111 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.308Kata Kunci:
Penyuluhan, Konservasi Energi, Sumber Energi Baru TerbarukanAbstrak
Konservasi energi adalah menggunakan energi secara efisien dengan tidak menurunkan fungsi energi itu sendiri secara teknis, namun memiliki tingkat ekonomi yang serendah-rendahnya, sedangkan sumber energi baru terbarukan sebagai salah satu piranti yang dapat digunakan sebagai pengganti energi fosil. Kedua hal tersebut penting disampaikan kepada anak-anak sejak pendidikan sekolah dasar, agar anak-anak dapat mulai mengenal cara mudah untuk konservasi energi, serta beberapa jenis sumber energi baru terbarukan, dengan harapan anak-anak dapat menerapkan konservasi energi sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Penyampaian materi dilakukan dengan cara memberikan penyuluhan singkat tentang cara konservasi energi yang dapat diterapkan dirumah dan pengenalan sumber energi baru terbarukan kepada peserta didik khususnya pada siswa siswi SD Negeri 111 Palembang. Evaluasi dilakukan dengan memberikan 5 pertanyaan yang harus dijawab oleh 30 orang siswa. Dari hasil evaluasi yang diperoleh, nilai terendah dalam menjawab pertanyaan adalah 64% dan 97% untuk nilai tertinggi.
Referensi
Bachtiar, R. et al. (2020) ‘Pengaruh Kesadaran Hemat Energi Terhadap Perilaku Hemat Energi’, Jurnal PGSD, 6(1), pp. 1–6. doi: 10.32534/jps.v6i1.964.
Fithri, N. et al. (2022) ‘Edupreneurship Piranti Panel Surya sebagai Alternatif Sumber Energi Listrik pada Siswa SD Al-Bukhari School Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan’, Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), pp. 385–390. doi: 10.54082/jamsi.248.
Gumelar, B. W., Widiastuti, I. and Wijayanto, D. S. (2019) ‘Pembelajaran Energi Terbarukan Untuk Sekolah Dasar Studi Kasus Di Kabupatan Klaten’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan, 11(1), p. 16. doi: 10.20961/jiptek.v11i1.18504.
Irawati, F., Kartikasari, F. D. and Tarigan, E. (2021) ‘Pengenalan Energi Terbarukan dengan Fokus Energi Matahari kepada Siswa Sekolah Dasar dan Menengah’, Publikasi Pendidikan, 11(2), p. 164. doi: 10.26858/publikan.v11i2.16413.
Rasmani, U. E. E. (2019) ‘Edukasi Pada Anak Usia Dini Menuju Pembiasaan Hemat Energi’, Early Childhood Education and Development Journal, I, p. 34.
So, P. Y. (2014) ‘Implementasi Kebijakan Konservasi Energi Di Indonesia’, E-Journal Graduate Unpar, 1(1), pp. 1–13. Available at: http://journal.unpar.ac.id/index.php/unpargraduate/article/view/837.
Tunggal Prasetiyo, D. H. et al. (2022) ‘Pengenalan PLTS Kepada Pelajar Untuk Menumbuhkan Minat Terhadap Pengembangan Energi Terbarukan’, TEKIBA : Jurnal Teknologi dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), pp. 41–47. doi: 10.36526/tekiba.v2i2.2276.
Utama, A. G. S. et al. (2018) ‘Automation Of Electrical Energy Savings System: Hemat Listrik, Hemat Biaya’, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), pp. 79–87. doi: 10.23887/ekuitas.v6i2.16303.
Utomo, H. B., Purnama, H. and Adryan, G. J. (2021) ‘Konservasi Energi dan Audit Energi Listrik Pada Rumah Tingga’, Prosiding The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar, pp. 236–242.
Wadjdi, F. et al. (2021) ‘Pelatihan Penghematan Penggunaan Listrik Rumah Tangga Di Rw 02 Kel. Cipinang Besar Kec. Jatinegara Jakarta Timur’, Prosiding Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat, 2021, p. 2021. Available at: http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Endah Fitriani, Kiky Rizki Novawardhani, Nina Paramytha, Aan Restu Mukti, M. Kumroni Makmuri

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.