Edukasi dan Pelatihan Perawatan Bayi Baru Lahir untuk Meningkatkan Pengetetahuan Ibu di RS Akhmad Yani Metro
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.296Kata Kunci:
Bayi Baru Lahir, Pijat Bayi, Memandikan BayiAbstrak
Perawatan bayi baru lahir baik dengan kondisi normal maupun kondisi patologis tetap harus dilakukan dikarenakan bayi baru lahir masih rentan terhadap perubahan yang terjadi saat keluar dari Rahim ibu. Pengetahuan khusus diperlukan dalam penanganan bayi baru lahir terutama pada ibu yang baru pertama kali melahirkan. Stimulus yang diberikan diharapkan membuat pertumbuhan dan perkembangan menjadi optimal. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan perawatan bayi baru lahir pada orang tua baru dan menyegarkan pengetahuan pada orang tua yang sebelumnya sudah pernah melahirkan. Metode yang digunakan dengan pemberian materi yang diberikan dengan presentasi, praktek perawatan bayi baru lahir kurang lebih masing-masing materi 20 menit dan pemberian leafleat jika nanti ibu menginat kembali materi yang sudah diberikan. Hasil evaluasi menunjukkan ibu mampu menjelaskan kembali pengertian, manfaat dan dapat mampu melakukan tindakan sesuai dengan materi yang telah diberikan. Beberapa ibu menanyakan terkait dengan kondisi anak yang berbeda dengan bayi normal terhadap materi yang diberikan. Beberapa peserta merupakan ibu dengan bayi yang bukan anak pertama, tetap mengikuti edukasi hingga selesai. Edukasi diberikan tidak hanya pada kehamilan dan kelahiran anak yang pertama sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi pada umumnya.
Referensi
Desta, S.N.A and Ismarwati. (2023). The Effectiveness of Baby Massage on Sleep Duration for Infants Aged 1-12 Months; Journal of Research in Science Education; DOI: 10.29303/jppipa.v9i8.4797
Dumet, F.J., Prado, N.Z.N.& Rivitti, M.M.C. (2011). Children and Newborn Skin Care and Prevention; Anais Brasileiros de Dermatologist; An Bras Dermatol. 2011;86(1):102-10
Katie, G. et all. (2013). The context and Practise of handwashing among new Mothers in Serang Indonesia: a formative research study; BMC Public Access; http://www.biomedcentral.com/1471-2458/13/830
Mayank, P., et all. (2022). Timing of First Bath in Term Healthy Newborns: A Systemic Review; Journal og Global Health; www.jogh.org • doi: 10.7189/jogh.12.12004
Monteiro, G.A.L, et all. (2015). Family Knowledge on Newborn Care; Scientific Information System Joeurnals; DOI: 10.15253/2175-6783.2015000200016 (2):258-65.
Pukkala, D. (2016). Hygiene Practise among The Yanadi Tribe of Nellore Distric, Andhara Pradesh; South Asian Anthropologist, 2016, 16(1): 65-78
Sahbanatul, M., (2016). Knowledge and Practise of Postnatal Mothers Regarding Personal Hygiene and Newborn Care; International Journal of Pharmaceutical Sciences Review and Research; , 40(1), September – October 2016; Article No. 18, Pages: 89-93 ISSN 0976 – 044X
Shahana,P., et all. (2018). Bariers to and Motivators of Handwashing Behaviour among Mothers of Neonates in rural Bangladesh; BMC Public Health; https://doi.org/10.1186/s12889-018-5365-1
WHO; WHO recommendation on postnatal care of the mother and newborn;2014; WHO; https://apps.who.int/iris/handle/10665/97603.
Y. I. Kurniawan, A. Rahmawati, N. Chasanah, and A. Hanifa, “Application for determining the modality preference of student learning,” in Journal of Physics: Conference Series, 2019, vol. 1367, no. 1, pp. 1–11, doi: 10.1088/1742-6596/1367/1/012011.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rini Palupi, Anggi Kusuma, Yunani Elasari, Rizki Yeni Wulandari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.