Penerapan Digital Marketing dan Sales Promotion pada UMKM Mie Kampung Bagansiapi Api
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.294Kata Kunci:
Identitas Merek, Pemasaran Digital, Promosi PenjualanAbstrak
Pokok permasalahan dari kegiatan ini adalah saat ini mitra belum ada brand identity (visual) dan media sosial yang kuat untuk mempromosikan produknya sehingga kesulitan untuk menjangkau pelanggan baru. Sehingga Kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat Mie Kampung Bagansiapi Api Bang Anche memiliki brand identity yang unik dan dikenal oleh seluruh kalangan masyarakat terutama di kota Batam dan mampu bersaing sehat dengan pengusaha lainnya yang menjual produk serupa dengan menggunakan strategi digital marketing dan sales promotion. Kegiatan ini dilakukan selama 3 bulan mulai dari bulan September hingga bulan Desember 2023 dengan Teknik pengumpulan data kualitatif yang mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari kegiatan ini ialah luaran yang bersifat sustainability dimana strategi dapat di implementasi secara fleksibel disertai desain logo, konten dan promo yang ditujukan untuk menarik perhatian pelanggan baru.
Referensi
Hasan, G., Ardila, Handoko, A., Salim, F. F., Rohaizat, P. S., & Hulu, Y. J. (2022). Implementasi Pemasaran Digital Sebagai Strategi Pemasaran dan Untuk Meningkatkan Penjualan. SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), 505–515.
Mustika, I., Nugraha, A. P., Nabella, S. D., & Sarmini. (2023). Pembinaan Digital Marketing sebagai Media Strategi Peningkatan Pendapatan Keripik Singkong Mitra Baru Food Kota Batam. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(1), 278–285. https://doi.org/10.33379/icom.v3i1.2242
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG : Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261–267.
Nurjali. (2023). Nagoya Batam: Destinasi Wisata Malam Populer “Belum ke Batam kalau Belum Kesini!” Batamnews.Co.Id. https://www.batamnews.co.id/berita-105562-nagoya-batam-destinasi-wisata-malam-populer-belum-ke-batam-kalau-belum-kesini.html
Prasetyo, D., & Putra, R. W. (2015). Perancangan Logo dari Usaha Makanan “Gerobak Cemil” sebagai Brand Identity. Jurnal Pantarei, 5(2).
Ray, I., & Islam, M. A. (2022). Perancangan Brand Identity dan Media Sosial Triversa sebagai Sarana untuk Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Barik, 3(3), 221–235. https://doi.org/10.51920/jd.v12i1.217
Shereen, Juniarty, S., Gunadi, J., Sentoso, A., & Milano, Lady. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Digital pada UMKM Batam Indo Keramik. Social Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 02. https://doi.org/10.37253/se.v1i3.7738
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital Marketing dalam Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.29264/jkin.v19i1.10207
Tai, R. E., Said, A. A., & Alimuddin. (2017). Perancangan Brand Identity Jalangkote Lahalede. Jurnal Imajinasi, 1(2), 44–57.
Ulfa, S. M., & Widodo, J. (2015). Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Kober Mie Setan Jalan Karimata No. 67 Kota Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(2), 1–17.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Wisnu Yuwono, Sun Bhuan

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.