Peningkatan Manajemen E-Learning dan Keterlibatan Pengguna dalam Implementasi Moodle di SMK Nasional Berbah, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54082/jpmii.290Kata Kunci:
E-learning, Manajemen Pengguna, Moodle, Pelatihan, SMK Nasional BerbahAbstrak
Dokumen ini membahas implementasi aplikasi Moodle dalam manajemen pembelajaran dan administrasi di SMK Nasional Berbah, Yogyakarta. Tujuan dari penggunaan Moodle adalah untuk meningkatkan kreativitas dan produktivitas di lingkungan sekolah melalui platform e-learning. Meskipun SMK Nasional Berbah telah berusaha menciptakan media e-learning yang bermanfaat, mereka masih menghadapi beberapa kendala dalam pembuatan konten dan optimalisasi penggunaan e-learning. Untuk mengatasi kendala tersebut, dilakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan manajemen pengguna bagi karyawan dan staf khusus IT SMK Nasional Berbah. Kegiatan ini melibatkan 16 karyawan, tim staf e-learning, 2 pemateri, dan 3 pendamping pemateri dari Universitas Amikom. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan bimbingan teknis dalam pengelolaan pengguna LMS Moodle. Dalam pengabdian kepada masyarakat, dilakukan kolaborasi antara SMK Nasional Berbah dan Program Studi Informatika Universitas Amikom Yogyakarta. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengabdian meliputi keterbatasan bandwidth server LMS Moodle, ketersediaan koneksi internet yang kurang memadai, dan kurangnya keterlibatan tim teknis dalam proses sosialisasi. Sebagai tindak lanjut, direncanakan langkah-langkah peningkatan yang melibatkan guru-guru sebagai pengguna utama Moodle. Hasil akhir dari kegiatan ini adalah para guru dan siswa mampu menggunakan Moodle sebagai wadah dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, implementasi Moodle di SMK Nasional Berbah dapat lebih efektif dan memberikan manfaat yang maksimal dalam proses pembelajaran dan administrasi di sekolah tersebut.
Referensi
Khan, B. H. (2021). E-learning: Concepts and practice (Vol. 3). Routledge.
Alsowat, H. (2020). The impact of e-learning on learners. Journal of Educational Technology Systems, 48(4), 532-551. https://doi.org/10.1177/0047239520947548
Baturay, M. H., & Baydas, O. (2020). Synchronous and asynchronous e-learning platforms: A comparative study. International Journal of Technology in Education and Science, 4(4), 315-332. https://doi.org/10.46328/ijtes.v4i4.103
Adawi, R., Bahasa, F., & Seni, D. (2020). PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING.
Surjono, H. D. (2010). MEMBANGUN COURSE E-LEARNING BERBASIS MOODLE UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA OKTOBER 2010. http://blog.uny.ac.id/hermansurjonohttp://herman.elearning-jogja.orghttp://www.facebook.com/hermands
Moodle. (2021). Moodle: Open-source learning platform. https://moodle.org/
Paciarotti, C., & Dettori, G. (2019). Moodle as a tool for blended learning and flipped classroom: A case study in engineering. IEEE Access, 7, 100036-100047. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2019.2923087
Wang, Q. (2019). The effectiveness of using Moodle to support teaching and learning: A meta-analysis. Computers & Education, 137, 129-145. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.04.004
Yudhanegara, M. R., & Prasetyo, Z. K. (2019). Evaluating the effectiveness of Moodle as a learning platform in higher education. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 012081. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1155/1/012081
Weller, M. (2007). Virtual learning environments: Using, choosing and developing your VLE. Routledge.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arifiyanto Hadinegoro, Theopilus Bayu Sasongko, Fauzia Anis Sekar Ningrum, Abd. Mizwar A. Rahim, Muhammad Ainul Fikri, Amirudin Khorul Huda

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.