Pendampingan Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Fun English dan Flashcard di Desa Gondangrejo Lampung Timur

Penulis

  • Ema Puspitasari Tadris Bahasa Inggris, FTIK, Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Mustofa Anwar Tadris Bahasa Inggris, FTIK, Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Hadijah Hadijah Ilmu Hukum, Fakultas Hukum dan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Bima, Indonesia
  • Khabibul Khoiri Pendidikan Bahasa Arab, FTIK, Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Novriyani Novriyani Tadris Bahasa Inggris, FTIK, Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Yusuf Mustofa Pendidikan Bahasa Arab, FTIK, Institut Agama Islam Darul A’mal Lampung, Indonesia
  • Sandi Pradana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, FTIK, STIT Tanggamus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.696

Kata Kunci:

Flashcard, Fun English, Kosakata Bahasa Inggris

Abstrak

Permasalahan fundamental yang melatarbelakangi inisiasi pengabdian ini adalah minimnya inovasi dan kreatifitas pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah serta dampak dari era Covid-19 yang masih menjadi sebab utama menurunnya motivasi anak dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Inggris Dusun IX, X Desa Gondangrejo Kecamatan Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. Program pengabdian masyarakat ini menawarkan solusi strategis yaitu pendampingan belajar Bahasa Inggris melalui Metode Fun English dan Media Flashcard. Program kergiatan ini mengintegrasikan tiga metode instruksional yang saling komplementer diantaranya: metode dialogis melalui diskusi interaktif, metode ekspositori dengan penyampaian materi terstruktur, dan metode introgatif sebagai bahan evaluasi. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa anak-anak mengalami peningkatan kosakata Bahasa Inggris dari kategori animal, area, building dan noun dengan rata-rata hanya 4 anak yang menguasai pada kemampuan awal meningkat menjadi 30 anak pada kemampuan akhir, baik lisan maupun tertulis. Selain itu, anak-anak bersemangat mengikuti sesi pembelajaran dikarenakan mereka mendapat pengalaman belajar baru dengan media dan metode yang berbeda-beda. Program ini sekaligus membantu stakeholder untuk menjadikan media dan metode yang diterapkan sebagai bahan referensi mengajar di kelas.

Referensi

Aulia, N., Angraini, S., & Suhadi, A. (2024). Analisis Kosakata Siswa melalui “MIME GAME” di SDN 25 Kota Bengkulu. Musyawarah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.572349/musyawarah.v2i1.1119

Bambang Eko Hari Cahyono & Diah Ayu Sawitri. (2024). Pemerolehan Aspek Leksikon dan Struktur Kalimat Bahasa Indonesia: Sebuah Studi Kasus Anak Naya di Ponorogo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(3), 3144–3162. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i3.4062

Dewi, R., Mulyadi, M., & Syam, N. (2025). The Effect Of Contextual Learning Model Based on Outing Clas on The Learning Outcomes of Class V students. ALENA: Journal of Elementary Education, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.59638/jee.v3i1.291

Kadek Maya Cyntia Dewi, & Ni Wayan Novi Suryati. (2024). Meningkatkan Vocabulary Siswa tentang Part of the Body and Pain melalui Flash Card dan Media Audio Visual di TK Singasari I Blahkiuh. Jurnal Abdidas, 5(3), 241–245. https://doi.org/10.31004/abdidas.v5i3.920

Melati Putri, N., & Kholik Afandi, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran Kontekstual berbasis Outing Class dalam Mengembangkan Kemampuan Berbahasa pada Anak Usia Dini. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.706

Muhamad Nukman, Mochamad Nursalim, & Diana Rahmasari. (2024). Dampak era digital terhadap perkembangan bahasa anak usia dini: Literature review. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 284–289. https://doi.org/10.31004/jrpp.v7i1.23494

Mulia Marita Lasutri Tama & Hera Oktriani. (2023). The Improving Language Skills in 2-3 Year Old Children through Flashcard Media at Denali Development Center. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2745–2751. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i3.1635

Petrus Jacob Pattiasina, Sofia F Rahmani, Rinda Riztya, Antonia Junianty Laratmase, & Antonius Rino Vanchapo. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Memahami Teks-Teks Berbahasa Inggris Pada Mahasiswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 577–584. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3556

Pradita, P. T., & Rachman, I. F. (2024). Pengaruh Pendidikan Bilingual Terhadap Perkembangan Kognitif (Sebuah Studi Pustaka Pada Anak Usia Dini). (Jurnal Inovasi Pembelajaran dan Pendidikan), 2, 281-286 https://indopediajurnal.my.id/index.php/jurnal/article/view/286.

Putri Adini, Najib Hasan, & Dayu Retno Puspita. (2023). Analisis Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas II Di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 3556-3561. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10243

Putri Alifia Nur Meidina, Qurroti A’yun, & Diana Ermawati. (2024). Peningkatan Kemampuan Penguasaan Vocabulary Melalui Model Make A Match Berbantuan Media Flashcard Siswa Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 282–294. https://doi.org/10.36989/didaktik.v10i3.3448

Putri, T. K. (2024). Media Ular Tangga sebagai Media Pembelajaran terhadap Pengembangan Kosakata Anak Usia Dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 7(3). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/22712

Rafiuddin, C. Asri Budiningsih, Suwarjo, Megawati, Puspitasari, E., & Harefa, E. (2024). Development of a Social Sciences Learning Model Based on Local Wisdom Pangngadakkang Tupanrita by Utilizing Digital Resources to Improve Prosocial Behavior of Elementary School Students South Sulawesi Province, Indonesia. Revista de Gestão Social e Ambiental, 18(8), e05186. https://doi.org/10.24857/rgsa.v18n8-062

Rakhmanina, L., Masitah, S., Marita, Y., Sumarni, A. T., & Septiansyah, R. F. (2024). Pelatihan Bahasa Inggris bagi Pegawai dan Karyawan Kemenkumham Kantor Wilayah Bengkulu: Meningkatkan Kompetensi dalam Era Globalisasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). https://doi.org/10.36728/jpf.v5i2.3788

Rumodar, G. K., Messakh, J. J., & Naibaho, L. (2024). Pendidikan Bahasa sebagai Upaya Membangun Generasi Unggul di Era Digital. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 6(01), 80–87. https://doi.org/10.53863/kst.v6i01.1077

Salsa Bila Nur Syifa, P., Holman Siahaan, L., & Subadar, S. (2024). Improving Student’s Vocabulary Mastery by Using Three Word Games at Grade VIII SMP Islam Kader Bangsa Bekasi. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(5), 7229-7241. https://doi.org/10.31004/innovative.v4i5.14747

Simanjuntak, A. R., & Novita, Z. (2024). Metode Bermain Peran Sebagai Stimulasi Aspek Perkembangan Kognitif Anak Autis Usia 5-6 Tahun. Jurnal Talitakum, 3(2), 92–103. https://doi.org/10.69929/10.69929/talitakum.v3i2.4

Yuniarsih, Eva Jeniar Noverisa, & Diana Kartika. (2024). Pengaruh Pola Asuh Demokratik Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak: Studi Kasus Terhadap Penggunaan Konjungsi Dan Interjeksi Pada Al Dan Rd. Jurnal Kata : Penelitian Tentang Ilmu Bahasa Dan Sastra /, 8(1), 122–135. https://doi.org/10.22216/kata.v8i1.2827

Diterbitkan

14-01-2025

Cara Mengutip

Puspitasari, E., Anwar, M. ., Hadijah, H., Khoiri, K. ., Novriyani, N., Mustofa, Y. ., & Pradana, S. (2025). Pendampingan Belajar dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosakata Bahasa Inggris melalui Fun English dan Flashcard di Desa Gondangrejo Lampung Timur. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 333–342. https://doi.org/10.54082/jippm.696