Peningkatan Daya Saing UMKM Seblak D’Gemoy melalui Sertifikasi Halal di Kelurahan Sumber Rejo
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.675Kata Kunci:
Daya Saing, Halal, Seblak, Sertifikasi, UMKMAbstrak
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku UMKM di Kelurahan Sumber Rejo tentang pentingnya sertifikasi halal dalam meningkatkan daya saing produk kuliner. UMKM Seblak D’Gemoy milik Bu Khasanah dipilih sebagai sasaran karena belum memiliki sertifikat halal. Metode yang digunakan meliputi tiga tahapan: survey, pendampingan, dan penyerahan sertifikat halal. Pada tahap pertama, dilakukan survey untuk mengetahui legalitas usaha dan kekurangan yang dimiliki. Selanjutnya, dilakukan pendampingan untuk membantu proses pengajuan sertifikat halal melalui sistem SiHalal. Tahap terakhir adalah penyerahan sertifikat halal yang telah diterbitkan oleh BPJPH. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa setelah mendapatkan sertifikat halal, penjualan Seblak D’Gemoy meningkat signifikan, terutama dalam hal jumlah produk yang terjual per hari. Sertifikasi halal tidak hanya meningkatkan kepercayaan konsumen, tetapi juga memperluas pangsa pasar, terutama di kalangan konsumen muslim. Program ini memberikan dampak positif pada UMKM, yang kini memiliki daya saing yang lebih tinggi di pasar. Oleh karena itu, sosialisasi dan pendampingan lebih lanjut terkait pentingnya sertifikasi halal sangat diperlukan untuk keberlanjutan usaha UMKM di berbagai daerah.
Referensi
Alfarizi, M. (2023). PERAN SERTIFIKASI HALAL DAN KEPATUHAN PRAKTIK HALAL TERHADAP KINERJA BISNIS BERKELANJUTAN: INVESTIGASI PEMODELAN EMPIRIS SEKTOR UMKM KULINER NUSANTARA. Harmoni, 22(1), 93–116. https://doi.org/10.32488/harmoni.v1i22.654
Limanseto, H. (2024a, May 15). Dorong Percepatan Proses Sertifikasi Halal, Pemerintah Perluas Kewenangan Penetapan Kehalalan Produk. Www.Ekon.Go.Id.
Limanseto, H. (2024b, July 22). Menko Airlangga: Pemerintah Dukung Bentuk Kolaborasi Baru agar UMKM Indonesia Jadi Bagian Rantai Pasok Industri Global. Www.Ekon.Go.Id.
Meyrizki, S., Zamri, C. F., & Widianingrum, H. (2021). Sistem Informasi Penjualan Seblak Kang Cecep Berbasis Web dengan Metode Waterfall [Other]. ISB Atmaluhur.
Mutmainah, D. (2024). Pendampingan Pembuatan Sertifikasi Halal Bagi UMKM Saladei Ketajen Gedangan Sidoarjo. Adimas Nusantara, 6(1), 9–17.
Pardiansyah, E., Abduh, M., & Najmudin. (2022). Sosialisasi dan Pendampingan Sertifikasi Halal Gratis (Sehati) Dengan Skema Self-Declare Bagi Pelaku Usaha Mikro di Desa Domas. Jurnal Pengabdian Dan Pengembangan Masyarakat Indonesia, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.56303/jppmi.v1i2.39
Rahmini, Y. (2017). PERKEMBANGAN UMKM (USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH) DI INDONESIA (Vol. 6, Issue 1).
Witara, M. (2019). Pengembangan Makanan Tradisional Bercita Rasa Pedas sebagai Produk Wisata Kuliner (M. Gardjito, R. Wikandari, & T. Ari Prabawati, Eds.; 1st ed., Vol. 1). Forum Kuliner Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mukhamad Hafiz Rivaldi, Sugito

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.