Membentuk Budaya dan Karakter Remaja tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) melalui Pelatihan di SMP Islam 1 Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.649Kata Kunci:
Budaya, Karakter, PHBS, Remaja, SekolahAbstrak
Pembentukan nilai karakter hidup bersih dan sehat bisa dilakukan oleh individu, keluarga, masyarakat sekitar, dan sekolah. Karakter diarahkan pada aspek pengetahuan, keterampilan dan perilaku. Salah satu cara yang bisa digunakan pihak sekolah untuk membentuk karakter tersebut adalah dengan budaya sekolah. Budaya sekolah yang dilakukan secara konsisten, berkelanjutan dan didukung aturan serta contoh dari semua warga sekolah akan memberikan dampak positif bagi siswa dan menjadikan kebiasaan hidup bersih di kesehariannya. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini adalah membentuk karakter dan budaya tentang pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dalam mencegah krisis kesehatan dengan memberdayakan anggota UKS Sekolah. Metode yang digunakan adalah metode pelatihan dan pendampingan pada anak sekolah di SMP Islam 1 Kota Ternate. Solusi permasalahan yang ditawarkan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah edukasi, pelatihan dan pendampingan tentang perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) melalui peran kelompok kerja dalam hal ini adalah siswa yang dipilih dan tergabung dalam UKS. Metode yang digunakan adalah dengan edukasi, pelatihan dan pendampingan menggunakan modul PHBS yang sudah di Haki dan poster.
Referensi
A, T. (2020). PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT(PHBS) PADA ANAK USIA DINI SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN COVID 19. JEA (JURNAL EDUKASI AUD) PENDIDIKAN, 6(1), 73.
Agustina, N. (2015). Penerapan Strategi Dalam Implementasi Pendidikan Karakter. SEMINAR NASIONAL “Pembangunan Karakter Melalui Pendidikan Dan Pembelajaran” 2015, 99–113.
Aminah, S., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal JKFT, 6(1), 18. https://doi.org/10.31000/jkft.v6i1.5214
Berliana, N. (2016). Hubungan Peran Orangtua, Pengaruh Teman Sebaya Dengan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat. Jurnal Endurance, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.984
D.N.K, W. (2020). ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN (STUDI KASUS DI MIN 1 PONOROGO). In Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 1(1), 60–73. (Vol. 1, Issue 1). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Lilia Indah Kusuma, Zaenal Sugiyanto, R. A. S. (2014). Hubungan antara Trias UKS dengan Pelaksanaan PHBS pada Murid di Sekolah Dasar Negeri Plalangan 01 dan Plalangan 04 Gunungpati Semarang. Visikes, 13(1), 50–58. https://doi.org/10.1016/j.still.2014.04.006
Notoadmodjo. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. In Jakarta Rineka Cipta.
Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018). Penerapan UKS dengan PHBS di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 17(1), 16. https://doi.org/10.14710/jkli.17.1.16-25
Solikin. (2022). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar di SD Negeri Tambaan 1. Journal Pancar, 6(2), 238–241. https://jurnal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/473/270
Yetty Septiani Mustar*, Indra Himawan Susanto, A. P. B. (2018). Pendidikan Kesehatan: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Sekolah Dasar. JISIP, 6(1), 1–7. http://dx.doi.org/10.1016/j.gde.2016.09.008%0A
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rusny Muhammad, Kartini M Ali, Susan Arba

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.