Pelatihan Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD di Kota Ternate
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.428Kata Kunci:
Guru, Kreativitas, Loose Parts, MediaAbstrak
Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi pelatihan agar guru PAUD Memanfaatkan media loose parts sebagai penggerak utama dalam membiasakan guru untuk menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam sekitarnya sehingga kreativitas guru dapat berkembang. Analisis situasi dari pelatihan ini bahwa kebiasaan guru yang cenderung menggunakan media pembelajaran yang siap pakai, sehingga anak menjadi jenuh dengan media yang berulang-ulang dipakai, tanpa ada modifikasi/kreativitas dari guru untuk menciptakan media yang menarik serta tidak membosan bagi anak. Perlu adanya pendampingan dan pelatihan terkait pemanfaatan media loose parts sehingga pembelajaran anak menjadi bervariasi. Metode Pelatihan dan untuk sekolah dengan mendatangkan narasumber professional dan praktisi profesional. Hasil Program pengabdian ini menunjukkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat dan memberikan update pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru pada sekolah mitra PAUD Pembina I Kota Ternate untuk dapat membuat media loose parts dari berbagai bahan alam maupun sampah yang tersedia di sekitarnya sehingga membantu proses pembelajaran di lembaga PAUD.
Referensi
Nurfadhillah Septi, 2021. Media Pembelajaran, CV Jejak, Sukabumi, Jawa Barat
Daly, L., and Beloglovsky, M. 2015. Loose parts: inspiring play in young children. United States of America: Redleaf Press
Caldwell, J. (2016). Loose Parts. [Internet]. 2016. Available from: https://fairydustteaching.com/2016/10/loose-parts/
Siantajani, Yuliati. (2020). Loose Parts: Material Lepasan Otentik Simulai PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.
Rahardjo, M. M. How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. Jurnal Pendidikan Usia Dini [Internet]. 2019, 13(2), 310 – 326 p. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08
Suryana, N., K. & Hendris. (2019). Pemberdadyaan Kelompok Wanita Tani Dalam Pemanfaatan Pekarangan Di Desa Lapri Kabupaten Nunukan. Jurnal Pengabddian Masyarakat Borneo, 45 -49.
Wiyati, R., Maryanti, S., & Thamrin, M. (2021). Motivasi Ibu Rumah Tangga Untuk Usaha Rumahan Saat Masa Pandemi Covid 19 Di Kelurahan Tobekgodang Pekanbaru.Ejournal.Kompetif.Com, 05(03), 215– 222.
Kusumayanti, H., Paramita, V., Amalia, R., Novela, G., & Rhamvy, I. (2019). Pelatihan Ketrampilan Pembuatan Softener Pakaian Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(2), 112–115.
Turyani Sri Mayrawati Eka, dan Rosita Wondal, (2018). Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Pedoman Pembelajaran Bagi Pendidik,Praktisi Pendidikan Dan Orang Tua, Chivita Books: Bantul, Yogyakarta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rita Samad, Nurhamsa Mahmud, Rosita Wondal, Ana Safitri, Ikmal Muhammad
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.