Pelatihan Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD di Kota Ternate

Penulis

  • Rita Samad PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia
  • Nurhamsa Mahmud PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia
  • Rosita Wondal PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia
  • Ana Safitri PG PAUD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia
  • Ikmal Muhammad Sastra Inggris, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Khairun, Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.428

Kata Kunci:

Guru, Kreativitas, Loose Parts, Media

Abstrak

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberi pelatihan agar guru PAUD Memanfaatkan media loose parts sebagai penggerak utama dalam membiasakan guru untuk menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam sekitarnya sehingga kreativitas guru dapat berkembang. Analisis situasi dari pelatihan ini bahwa kebiasaan guru yang cenderung menggunakan media pembelajaran yang siap pakai, sehingga anak menjadi jenuh dengan media yang berulang-ulang dipakai, tanpa ada modifikasi/kreativitas dari guru untuk menciptakan media yang menarik serta tidak membosan bagi anak. Perlu adanya pendampingan dan pelatihan terkait pemanfaatan media loose parts sehingga pembelajaran anak menjadi bervariasi. Metode Pelatihan dan untuk sekolah dengan mendatangkan narasumber professional dan praktisi profesional. Hasil Program pengabdian ini menunjukkan bahwa program pengabdian kepada masyarakat ini sangat bermanfaat dan memberikan update pengetahuan dan keterampilan bagi guru-guru pada sekolah mitra PAUD Pembina I Kota Ternate untuk dapat membuat media loose parts dari berbagai bahan alam maupun sampah yang tersedia di sekitarnya sehingga membantu proses pembelajaran di lembaga PAUD.

Referensi

Nurfadhillah Septi, 2021. Media Pembelajaran, CV Jejak, Sukabumi, Jawa Barat

Daly, L., and Beloglovsky, M. 2015. Loose parts: inspiring play in young children. United States of America: Redleaf Press

Caldwell, J. (2016). Loose Parts. [Internet]. 2016. Available from: https://fairydustteaching.com/2016/10/loose-parts/

Siantajani, Yuliati. (2020). Loose Parts: Material Lepasan Otentik Simulai PAUD. Semarang: Sarang Seratus Aksara.

Rahardjo, M. M. How to use Loose-Parts in STEAM? Early Childhood Educators Focus Group discussion in Indonesia. Jurnal Pendidikan Usia Dini [Internet]. 2019, 13(2), 310 – 326 p. DOI: https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08

Suryana, N., K. & Hendris. (2019). Pemberdadyaan Kelompok Wanita Tani Dalam Pemanfaatan Pekarangan Di Desa Lapri Kabupaten Nunukan. Jurnal Pengabddian Masyarakat Borneo, 45 -49.

Wiyati, R., Maryanti, S., & Thamrin, M. (2021). Motivasi Ibu Rumah Tangga Untuk Usaha Rumahan Saat Masa Pandemi Covid 19 Di Kelurahan Tobekgodang Pekanbaru.Ejournal.Kompetif.Com, 05(03), 215– 222.

Kusumayanti, H., Paramita, V., Amalia, R., Novela, G., & Rhamvy, I. (2019). Pelatihan Ketrampilan Pembuatan Softener Pakaian Bagi Ibu-Ibu Pkk Di Desa Kangkung, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1(2), 112–115.

Turyani Sri Mayrawati Eka, dan Rosita Wondal, (2018). Pengembangan Kreativitas Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Pedoman Pembelajaran Bagi Pendidik,Praktisi Pendidikan Dan Orang Tua, Chivita Books: Bantul, Yogyakarta.

Diterbitkan

04-06-2024

Cara Mengutip

Samad, R. ., Mahmud, N., Wondal, R., Safitri, A., & Muhammad, I. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Loose Parts untuk Mengembangkan Kreativitas Guru PAUD di Kota Ternate. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 101–106. https://doi.org/10.54082/jippm.428