Workshop Pengenalan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Book Creator untuk Guru di TK Cinta Ibu Purwakarta
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.426Kata Kunci:
Anak Usia Dini, Media Pembelajaran, TeknologiAbstrak
Media pembelajaran merupakan hal yang paling penting untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran. Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) media pembelajaran sangat perlu diperhatikan, karena perlu menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi anak. Media pembelajaran yang menarik untuk anak dapat membangun semangat belajar anak. Di era saat ini juga teknologi semakin canggih, hal tersebut mengharuskan kita beradaptasi dengan perkembangan teknologi digital. Banyak guru yang membutuhkan pemahamandan pelatihan dalam menggunakan teknologi dengan bijak. Dalam program pengabdian masyarakat ini dilakukan workshop pada satu sekolah TK di Purwakarta. Workshop ini berfokus pada kebutuhan sekolah yakni mengolah media pembelajaran yang atraktif berbasis digital. Workshop ini diikuti oleh 3 orang guru. Hasil refleksi dari kegiatan workshop ini memberikan tambahan wawasan bagi guru, serta mengasah keterampilan guru mengenai cara membuat dan meggunakan media yang efektif dan interaktif untuk pembelajaran di TK.
Referensi
Aima, Z., Anggraini, V., Edriati, S., Putri, A., Alma, S. H., & Syahwa, K. A. (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU DIGITAL MENGGUNAKAN PLATFORM BOOK CREATOR. Beujroh: Jurnal Pemberdayaan dan Pengabdian pada Masyarakat, 2(1), 69-83.
Ambarita, J., Helwaun, H., & Houten, L. Van. (2021). Workshop Pembuatan E-book Sebagai Bahan Ajar Elektronik Interaktif Untuk Guru Indonesia Secara Online di Tengah Covid 19. Community Engagement & Emergence Journal, 2(1), 44–57.
Astriani, M. M., & Alfahnum, M. A. (2020). Peningkatan kompetensi guru PAUD dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif. Jurnal PKM (Pengabdian kepada masyarakat), 3(4), 366-371.
Elan, E., Rahman, T., & Dewi, E. (2022). Bagaimana Kompetensi Profesional Guru RA Ditinjau dari Kualifikasi Sesuai Regulasi di Kota Tasikmalaya. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5180-5190.
Fitria, N. (2021). Kemampuan Keaksaraan melalui Media Digital “Bermain Keaksaraan” pada Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 36–49. https://doi.org/10.19109/ra.v5i1.6781.
Istiana, Y. (2017). Konsep-Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 20(2), 90-98.
Laili, N. N., & Maulidiyah, E. C. (2021). Kompetensi Profesional Guru Taman Kanak-kanak pada Masa Pandemi Covid-19 Professional Competence Of Kindergarten Teachers during Covid-19 Pandemic. Jurnal Ilmiah Pesona Paud, 8(1).
Nusanti, I. (2024). Strategi service learning sebuah kajian untuk mengembangkan kegiatan pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20(2), 251-260.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 16 Tahun 2007.
Satriana, M., Haryani, W., Jafar, F. S., Maghfirah, F., Sagita, A. D. N., & Septiani, F. A. (2022). Media Pembelajaran Digital dalam Menstimulasi Keterampilan Literasi Anak Usia Dini di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 10(3), 408-414.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara.
Yani, A., & Jazariyah. (2021). Penyelenggaraan PAUD Berbasis Karakter Kebhinekaan sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme Sejak Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 1-13. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.503
Zubaidi, M. (2020). Profesionalisme Guru dan Efektivitas Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini Abstrak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1060-1067. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.505
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Finita Dewi, Farah Khalda Nurrachman, Gina Kharisma Hammudah, Kireina Putri Adzkia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.