Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mempersiapkan Penguasaan Teknologi Next-Generation Learning bagi Guru SD di Kabupaten Karanganyar

Penulis

  • Puspanda Hatta Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Septi Yulisetiani Magister Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.213

Kata Kunci:

Aplikasi Mobile, Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Pembelajaran Daring

Abstrak

Pembelajaran daring di sekolah dasar selama masa pandemi dan pasca pandemi Covid-19 belum memenuhi hasil yang baik. Meskipun pembelajaran tatap muka sudah dilaksanakan tetapi durasinya masih dibatasi. Waktu belajar siswa lebih banyak dilakukan di rumah. Berdasarkan studi pustaka, survei, dan wawancara terhadap guru SD, diketahui bahwa pelaksanaan pembelajaran daring belum efektif. Pembelajaran daring menuai beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru. Permasalahan utama adalah media pembelajaran yang belum inovatif dan belum menarik minat siswa untuk aktif belajar. Sebagian besar guru SD masih memerlukan keterampilan dalam menyusun media pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan ICT sehingga dapat menarik minat siswa. Selama ini, media pembelajaran masih terbatas dalam bentuk media presentasi konvensional dan buku teks. Untuk memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh mitra, pengabdian masyarakat ini menyelenggarakan pelatihan meningkatan kompetensi guru dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi mobile. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran inovatif berdaya saing next-generation learning yang sesuai untuk siswa SD. Media pembelajaran dikembangan dalam bentuk aplikasi andoid, agar menarik, cocok untuk pembelajaran daring, dan mampu bersaing dengan media pembelajaran terkini. Pengabdian masyarakat dilaksanakan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan dalam menyusun media pembelajaran berbasis aplikasi mobile.

Referensi

Adnan, M. (2020). Online learning amid the COVID-19 pandemic: Students perspectives. Journal of Pedagogical Sociology and Psychology, 1(2), 45–51. https://doi.org/10.33902/jpsp.2020261309

Akbar, M. R., Hakim, A. R., & Haris, A. (2020). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Dengan Videoscribe Untuk Mengoptimalisasi Pembelajaran Berbasis 4.0. Darmabakti : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 51–57. https://doi.org/10.31102/darmabakti.2020.1.2.51-57

Aliyyah, R. R., Reza, R., Achmad, S., Syaodih, E., Nurtanto, M., Sultan, A., Riana, A., & Tambunan, S. (2020). The Perceptions of Primary School Teachers of Online Learning during the COVID-19 Pandemic Period : A Case Study in Indonesia. Journal of Ethnic and Cultural Studies, 7(2), 90–109.

Aranta, A., Wijaya, I. G. P. S., Husodo, A. Y., Bimantoro, F., Nugraha, G. S., & Rahman, H. (2021). Pemanfaatan Media Open Source sebagai Media Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19 SD Negeri Terong Tawah. Jurnal Abdi Insani Universitas Mataram, 8(2), 143–149.

Ardiansyah, A., & Asfiyak, K. (2020). Pelatihan Merancang dan Mengembangkan Multimedia Pembelajaran untuk Guru di SD Negeri Bajangan Kabupaten Pasuruan. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 125–137. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.368

Asghar, M. Z., Habib, A., Habib, A., Zahra, S. R., & Ismail, S. (2016). AndorEstimator: Android based Software Cost Estimation Application. ArXiv Preprint ArXiv, 14(4), 192–202. http://arxiv.org/abs/1605.02304

Caballe, S., Britch, D., Barolli, L., & Xhafa, F. (2014). A methodological approach to provide effective web-based training by using collaborative learning and social networks. Proceedings - 2014 8th International Conference on Complex, Intelligent and Software Intensive Systems, CISIS 2014, 64–71. https://doi.org/10.1109/CISIS.2014.10

Carrillo, C., & Flores, M. A. (2020). COVID-19 and teacher education: a literature review of online teaching and learning practices. European Journal of Teacher Education, 43(4), 466–487. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1821184

Farina, D. M., & Coleman, N. (2018). College Student Reception of Next-Generation Learning and Effective Approaches for Instructors. In In J. Keengwe (Ed.), Handbook of Research on Pedagogical Models for Next-Generation Teaching and Learning (pp. 306–324).

Gala, I. N., Rurua, S. F., & Tanari, B. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Visual Digital di Era New Normal. Mosintuwu: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 7–10.

Hadi, N. (2020). Powerspring Sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar : Jurnal Tunas Nusantara, 2(1), 143–154. https://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1484

Hassaniazad, M., Ghazisaeedi, M., & Baniasadi, T. (2020). Technology-based solutions to improve management of covid-19: A call for more utilization in iran. Iranian Journal of Public Health, 49(8), 1588–1589. https://doi.org/10.18502/ijph.v49i8.3912

Hatta, P., Aristyagama, Y., Yuana, R., & Yulisetiani, S. (2020). Active Learning Strategies in Synchronous Online Learning for Elementary School Students. Indonesian Journal of Informatics Education, 4(2).

Irsalina, K. I., Nur’aeni, E., & Muharram, M. R. (2022). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada volume bangun ruang kelas V sekolah dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1–13. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index

Juli, J., Pambudi, C. N. A., Saputri, M. W., Dewi, P. T., Sulityowati, F., & Dendy, D. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perkalian dengan Patung Kasep Julang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 606–612. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.4158

Mednieks, Z., Dornin, L., Meike, G. B., & Nakamura, M. (2011). Programming Android. In O’reilly: Vol. XXXIII (Issue 2, p. 462). http://www.americanbanker.com/issues/179_124/which-city-is-the-next-big-fintech-hub-new-york-stakes-its-claim-1068345-1.html%5Cnhttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15003161%5Cnhttp://cid.oxfordjournals.org/lookup/doi/10.1093/cid/cir991%5Cnhttp://www.scielo

Miaz, Y., Helsa, Y., Zuardi, Yunisrul, Febrianto, R., & Erwin, R. (2019). The development of interactive multimedia-based instructional media for elementary school in learning social sciences. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032107

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i1.2747

Mulyo, H., Khalimatus, S., Noviyani, D., Ameliya, A., Nikmah, R., & Hidayat, A. M. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran “Karpet Ajaib” untuk Meningkatkan Keterampilan Guru di MI Al-Islam Krasak Jepara. Abdimas Universal, 3(1), 67–72.

Mustadi, A., Wangid, M. N., Zubaidah, E., & Irvan, M. F. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Literasi Kelas Awal bagi Guru SD. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 203–208. https://doi.org/10.31960/caradde.v2i2.330

Netti, I. (2021). Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Interpersonal Orangtua Dengan Anak Selama Belajar Daring. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 5(2). https://ojs.iainkediri.ac.id/index.php/happiness/article/view/4051

Oltrogge, M., Derr, E., Stransky, C., Acar, Y., Fahl, S., Rossow, C., Pellegrino, G., Bugiel, S., & Backes, M. (2018). The Rise of the Citizen Developer: Assessing the Security Impact of Online App Generators. Proceedings - IEEE Symposium on Security and Privacy, 2018-May, 634–647. https://doi.org/10.1109/SP.2018.00005

Rafael, A., Feka, V., Nama, D. Y., Nitte, Y. M., & Benu, A. Y. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Powtoon Untuk Pembelajaran Bahasa Bagi Guru Paud Pelangi dan Guru TK Mentari, Balai Pendidikan Paud Kota Kupang. Pemimpin: Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(1), 37–43.

Rasmussen, H. T., Baeder, A., Hunter, M., & Chadsey, J. (2018). The promise of Protocols in the virtual classroom: Using microstructures to enhance adult learning. In Handbook of Research on Student-Centered Strategies in Online Adult Learning Environments (pp. 241–264). https://doi.org/10.4018/978-1-5225-5085-3.ch012

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Sumanto, Y., & Sadewo, Y. D. (2021). Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran sebagai Media Pembelajaran Daring di SD dalam Masa Covid-19. Journal of Educational Learning and Innovation, 1(1), 1–14. https://doi.org/10.46229/elia.v1i1

Susanti, S., & Perdana, F. (2020). European Journal of Molecular & Clinical Medicine Digital Literacy Of Teachers In Online Learning At Elementary School In Bandung City. 07(01), 3784–3793.

Diterbitkan

28-10-2023

Cara Mengutip

Hatta, P., & Yulisetiani, S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Android untuk Mempersiapkan Penguasaan Teknologi Next-Generation Learning bagi Guru SD di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 513–522. https://doi.org/10.54082/jippm.213