Boardgame Business Craft dan Lego Serious Play dengan Pendekatan Design Thinking sebagai Media Mengajar bagi Guru Ekonomi SMA Se-Malang Raya

Penulis

  • Dias Satria Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Citra Rahayu Indraswari Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Patricia Juan Aurellia Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Sukriyah Sukriyah Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/jippm.187

Kata Kunci:

Boardgame Business Craft, Design Thinking, Guru Ekonomi, Lego Serious Play

Abstrak

Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan metode belajar bagi guru ekonomi SMA se-Malang Raya menggunakan boardgame Business Craft dan LEGO Serious Play dengan pendekatan Design Thinking. Pengabdian ini dilakukan karena pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam mengajarkan konsep ekonomi kepada siswa SMA. Metode pengabdian ini meliputi pelatihan kepada guru ekonomi SMA menggunakan boardgame Business Craft dan LEGO Serious Play. Pendekatan Design Thinking digunakan untuk merancang strategi pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konsep ekonomi melalui pengalaman praktis dan kreatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pemahaman guru tentang konsep ekonomi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang pembelajaran yang menarik dan efektif. Keberhasilan pengabdian ini sangat penting karena guru yang terampil dalam mengajar ekonomi dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, membantu mereka memahami konsep ekonomi dengan lebih baik. Dengan demikian, peningkatan kualitas pengajaran ekonomi di SMA dapat berkontribusi pada peningkatan pemahaman siswa tentang masalah ekonomi yang kompleks. Kesimpulannya, pelatihan ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi di SMA se-Malang Raya.

Referensi

Furqon, M. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–12.

Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jurnal syntax transformation.v1i5.69

Khairani, P., Khadavi, M., & Salsyabillah, M. (2023). Pembelajaran Berbasis Game: Manfaat, Tantangan, dan Strategi Implementasi dalam Konteks Pendidikan Tinggi Pada Akademi Keuangan Perbankan Nusantara (AKUBANK). Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 1–6.

Man, S. & others. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Akuntanika, 6(1), 38–45.

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20–26.

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 1(2), 15–28.

Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7140–7156.

Saputra, H. (2019). Evaluasi program pelatihan desain pembelajaran bagi dosen Universitas Terbuka. Jurnal Semarak, 2(2), 110–123.

Sari, R. M., Nugroho, I. M., & MH, T. (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking. Inf. Manag. Educ. Prof, 6(2), 121–130.

Sinaga, A., Alam, A. P., Daud, A., Br. Barus, R. A., & Amri, S. (2021). Analisis Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan dan Pengembangan pada Bank Muamalat Cabang Medan Balai Kota. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 233–251. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.571

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Pengabdian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118

Zamzami, A. F., & Arini, A. (2023). Implementasi Metode Debat dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 163–178.

Diterbitkan

28-10-2023

Cara Mengutip

Satria, D., Indraswari, C. R. ., Aurellia, P. J. ., & Sukriyah, S. (2023). Boardgame Business Craft dan Lego Serious Play dengan Pendekatan Design Thinking sebagai Media Mengajar bagi Guru Ekonomi SMA Se-Malang Raya . Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 553–548. https://doi.org/10.54082/jippm.187