Boardgame Business Craft dan Lego Serious Play dengan Pendekatan Design Thinking sebagai Media Mengajar bagi Guru Ekonomi SMA Se-Malang Raya
DOI:
https://doi.org/10.54082/jippm.187Kata Kunci:
Boardgame Business Craft, Design Thinking, Guru Ekonomi, Lego Serious PlayAbstrak
Kegiatan pengabdian ini berupa pelatihan metode belajar bagi guru ekonomi SMA se-Malang Raya menggunakan boardgame Business Craft dan LEGO Serious Play dengan pendekatan Design Thinking. Pengabdian ini dilakukan karena pentingnya pengembangan metode pembelajaran yang inovatif dan efektif dalam mengajarkan konsep ekonomi kepada siswa SMA. Metode pengabdian ini meliputi pelatihan kepada guru ekonomi SMA menggunakan boardgame Business Craft dan LEGO Serious Play. Pendekatan Design Thinking digunakan untuk merancang strategi pembelajaran yang berfokus pada pemahaman konsep ekonomi melalui pengalaman praktis dan kreatif. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa pelatihan ini meningkatkan pemahaman guru tentang konsep ekonomi dan meningkatkan keterampilan mereka dalam merancang pembelajaran yang menarik dan efektif. Keberhasilan pengabdian ini sangat penting karena guru yang terampil dalam mengajar ekonomi dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa, membantu mereka memahami konsep ekonomi dengan lebih baik. Dengan demikian, peningkatan kualitas pengajaran ekonomi di SMA dapat berkontribusi pada peningkatan pemahaman siswa tentang masalah ekonomi yang kompleks. Kesimpulannya, pelatihan ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan ekonomi di SMA se-Malang Raya.
Referensi
Furqon, M. (2020). Pendidikan Multikultural Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–12.
Isnaeni, N., & Hildayah, D. (2020). Media Pembelajaran dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. https://doi.org/10.46799/jurnal syntax transformation.v1i5.69
Khairani, P., Khadavi, M., & Salsyabillah, M. (2023). Pembelajaran Berbasis Game: Manfaat, Tantangan, dan Strategi Implementasi dalam Konteks Pendidikan Tinggi Pada Akademi Keuangan Perbankan Nusantara (AKUBANK). Jurnal Pendidikan Penggerak, 1(1), 1–6.
Man, S. & others. (2020). Analisis Peranan Pendidikan Dan Pelatihan Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai. Akuntanika, 6(1), 38–45.
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20–26.
Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 1(2), 15–28.
Sadikin, H., Nugrahani, F., & Suwarto, S. (2022). Penerapan Metode Mind Mapping melalui Ketrampilan Menulis Puisi dalam Interaksi Belajar Mengajar di Kelas IV SDV. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7140–7156.
Saputra, H. (2019). Evaluasi program pelatihan desain pembelajaran bagi dosen Universitas Terbuka. Jurnal Semarak, 2(2), 110–123.
Sari, R. M., Nugroho, I. M., & MH, T. (2022). Perancangan UI/UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking. Inf. Manag. Educ. Prof, 6(2), 121–130.
Sinaga, A., Alam, A. P., Daud, A., Br. Barus, R. A., & Amri, S. (2021). Analisis Peningkatan Kinerja Karyawan Melalui Pelatihan dan Pengembangan pada Bank Muamalat Cabang Medan Balai Kota. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 233–251. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.571
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Pengabdian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66. https://doi.org/10.54371/ainj.v3i1.118
Zamzami, A. F., & Arini, A. (2023). Implementasi Metode Debat dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. Nusantara: Indonesian Journal of Islamic Studies, 3(2), 163–178.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Dias Satria, Citra Rahayu Indraswari, Patricia Juan Aurellia, Sukriyah Sukriyah
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.