Strategi Peningkatan Kesadaran Pemilahan Sampah melalui Penyediaan Fasilitas Terkategorisasi di SMP Negeri 7 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.935Kata Kunci:
Fasilitas, Kesadaran, Lingkungan, Pemilahan, SampahAbstrak
Pengelolaan sampah di institusi pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran pemilahan sampah di SMP Negeri 7 Magelang, di mana sebagian besar siswa belum memahami perbedaan sampah organik dan anorganik serta terbatasnya fasilitas pemilahan. Program ini menggunakan pendekatan Community Development melalui tahapan survei kondisi awal, penyediaan tempat sampah berkode warna (hijau untuk organik, kuning untuk anorganik), pembuatan media edukasi, sosialisasi, pembentukan tim pengelola, serta monitoring dan evaluasi deskriptif kualitatif. Hasil implementasi menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku pemilahan warga sekolah. Observasi mingguan memperlihatkan peningkatan signifikan: pada minggu awal masih banyak kesalahan, namun pada minggu ke-7 sebagian besar siswa sudah memilah dengan benar. Wawancara dan Focus Group Discussion juga menegaskan peningkatan pemahaman mengenai manfaat pemilahan serta dukungan aktif guru dalam membimbing siswa. Evaluasi program menegaskan tercapainya indikator keberhasilan berupa peningkatan penggunaan fasilitas, pembentukan kebiasaan baru, serta inisiatif warga sekolah untuk menjaga keberlanjutan. Dampak kegiatan ini adalah terciptanya budaya peduli lingkungan di sekolah, berkurangnya volume sampah tercampur, munculnya kebijakan internal tentang pemilahan, serta dukungan terhadap visi SMP Negeri 7 Magelang sebagai sekolah ramah lingkungan.
Referensi
Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195
Bandura, A. (2018). Toward a psychology of human agency: Pathways and reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136. https://doi.org/10.1177/1745691617699280
Maharani, R., Rini, E. F. S., & Wulandari, D. (2019). Implementasi program bank sampah sekolah dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 134–144. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1278
Pratiwi, R., & Nugroho, A. (2021). Evaluasi program pemilahan sampah di sekolah menengah atas: Studi kasus SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(1), 45–56. https://doi.org/10.21009/jplpb.221.05
Purwaningrum, F. (2016). Upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1427
Raharjo, S., Matsumoto, T., Ihsan, T., & Rachman, I. (2017). Community-based solid waste bank program for sustainable education. Journal of Material Cycles and Waste Management, 19(4), 1341–1350. https://doi.org/10.1007/s10163-017-0588-5
Susanti, L., Widyaningsih, T. S., & Nugraheni, D. (2020). Efektivitas program pemilahan sampah di sekolah dasar: Studi di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(1), 45–52. https://doi.org/10.14710/jil.18.1.45-52
Wijayanti, T., Hartono, A., & Suryani, E. (2022). Longitudinal impact of school waste separation education program. International Journal of Environmental and Science Education, 17(3), 215–228. https://doi.org/10.29333/ijese/11230
Wulandari, D., & Utomo, S. (2019). Hambatan implementasi pengelolaan sampah di sekolah menengah pertama di Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 67–76. https://doi.org/10.21831/jmp.v14i2.27890
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nadivia Nazla Syafa, Annisa Nurul Afifah, Anisa Wahyu Hidayah, Elsa Dwi Febrianti, Choiratun Nashifa, Lathifah Khusna Amany, Fira Laila Nuristiana, Erinda Nur Maulida

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.