Strategi Peningkatan Kesadaran Pemilahan Sampah melalui Penyediaan Fasilitas Terkategorisasi di SMP Negeri 7 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia

Penulis

  • Nadivia Nazla Syafa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Annisa Nurul Afifah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Anisa Wahyu Hidayah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Elsa Dwi Febrianti Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Choiratun Nashifa Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Lathifah Khusna Amany Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Fira Laila Nuristiana Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Erinda Nur Maulida Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.935

Kata Kunci:

Fasilitas, Kesadaran, Lingkungan, Pemilahan, Sampah

Abstrak

Pengelolaan sampah di institusi pendidikan berperan penting dalam membentuk karakter peduli lingkungan generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi rendahnya kesadaran pemilahan sampah di SMP Negeri 7 Magelang, di mana sebagian besar siswa belum memahami perbedaan sampah organik dan anorganik serta terbatasnya fasilitas pemilahan. Program ini menggunakan pendekatan Community Development melalui tahapan survei kondisi awal, penyediaan tempat sampah berkode warna (hijau untuk organik, kuning untuk anorganik), pembuatan media edukasi, sosialisasi, pembentukan tim pengelola, serta monitoring dan evaluasi deskriptif kualitatif. Hasil implementasi menunjukkan adanya perubahan positif dalam perilaku pemilahan warga sekolah. Observasi mingguan memperlihatkan peningkatan signifikan: pada minggu awal masih banyak kesalahan, namun pada minggu ke-7 sebagian besar siswa sudah memilah dengan benar. Wawancara dan Focus Group Discussion juga menegaskan peningkatan pemahaman mengenai manfaat pemilahan serta dukungan aktif guru dalam membimbing siswa. Evaluasi program menegaskan tercapainya indikator keberhasilan berupa peningkatan penggunaan fasilitas, pembentukan kebiasaan baru, serta inisiatif warga sekolah untuk menjaga keberlanjutan. Dampak kegiatan ini adalah terciptanya budaya peduli lingkungan di sekolah, berkurangnya volume sampah tercampur, munculnya kebijakan internal tentang pemilahan, serta dukungan terhadap visi SMP Negeri 7 Magelang sebagai sekolah ramah lingkungan.

Referensi

Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195

Bandura, A. (2018). Toward a psychology of human agency: Pathways and reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136. https://doi.org/10.1177/1745691617699280

Maharani, R., Rini, E. F. S., & Wulandari, D. (2019). Implementasi program bank sampah sekolah dalam menumbuhkan kepedulian lingkungan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(2), 134–144. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i2.1278

Pratiwi, R., & Nugroho, A. (2021). Evaluasi program pemilahan sampah di sekolah menengah atas: Studi kasus SMA Negeri 3 Semarang. Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 22(1), 45–56. https://doi.org/10.21009/jplpb.221.05

Purwaningrum, F. (2016). Upaya mengurangi timbulan sampah plastik di lingkungan. Indonesian Journal of Urban and Environmental Technology, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.25105/urbanenvirotech.v8i2.1427

Raharjo, S., Matsumoto, T., Ihsan, T., & Rachman, I. (2017). Community-based solid waste bank program for sustainable education. Journal of Material Cycles and Waste Management, 19(4), 1341–1350. https://doi.org/10.1007/s10163-017-0588-5

Susanti, L., Widyaningsih, T. S., & Nugraheni, D. (2020). Efektivitas program pemilahan sampah di sekolah dasar: Studi di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Lingkungan, 18(1), 45–52. https://doi.org/10.14710/jil.18.1.45-52

Wijayanti, T., Hartono, A., & Suryani, E. (2022). Longitudinal impact of school waste separation education program. International Journal of Environmental and Science Education, 17(3), 215–228. https://doi.org/10.29333/ijese/11230

Wulandari, D., & Utomo, S. (2019). Hambatan implementasi pengelolaan sampah di sekolah menengah pertama di Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 14(2), 67–76. https://doi.org/10.21831/jmp.v14i2.27890

Diterbitkan

08-09-2025

Cara Mengutip

Syafa, N. N., Afifah, A. N., Hidayah, A. W., Febrianti, E. D., Nashifa, C., Amany, L. K., Nuristiana, F. L., & Maulida, E. N. (2025). Strategi Peningkatan Kesadaran Pemilahan Sampah melalui Penyediaan Fasilitas Terkategorisasi di SMP Negeri 7 Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 117–124. https://doi.org/10.54082/ijpm.935