Lokakarya Kepenulisan Puisi sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Apresiasi Literasi Siswa MTSN 1 Kota Magelang

Penulis

  • Zidan Rizka Alhafidz Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Ummu Fatimah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Halim Bi Nuri Syamsika Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Maulida Rahmatul Izzah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Arum Cahya Widyaningsih Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Nely Sofiyatun Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Holilah Sukma Ningrum Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Fahisa Hesti Amalia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Yesi Franita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Linda Eka Pradita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Agnira Rekha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia
  • Eko Juliyanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.933

Kata Kunci:

Literasi Kreatif, Lokakarya Kepenulisan, PAR, Pendidikan, Puisi

Abstrak

Program Lokakarya Kepenulisan Puisi merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat menulis kreatif dan apresiasi sastra di kalangan siswa MTsN 1 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan siswa kelas VII dan VIII sebagai subjek sekaligus partisipan aktif. Pelaksanaan program terdiri dari lima tahapan sistematis yaitu pengajuan proposal, perencanaan, pelaksanaan seminar, evaluasi, dan pelaporan hasil. Kegiatan utama berupa seminar kepenulisan puisi yang menghadirkan Rahma Ade Triana, Duta Bahasa Jawa Tengah, sebagai narasumber yang menyampaikan materi komprehensif mengenai teknik penulisan puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap literasi kreatif, yang tercermin dari aktifnya partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. Program ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan budaya literasi di lingkungan sekolah dan dapat menjadi model untuk implementasi program serupa di institusi pendidikan lainnya.

Referensi

Arianti, R. (2022). Pelatihan menulis kreatif puisi pada siswa kelas tinggi SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56313/jmnr.v1i1.1

Hosaini, & Rinwanto. (2021). Pengantar metodologi participatory action research: Implementasi dan contoh penulisan proposal, penelitian, dan PKM berbasis PAR. Bintang Pustaka Madani.

Juanda, Kamsidik, & Gunarda. (2024). Membangun Sumber Daya Manusia untuk Masa Depan yang Berkelanjutan. AMANAH MENGABDI, 1(1), 35-41. https://doi.org/10.70451/pkm.v1i1.47

Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., Ulwiyah, N. F., Daryati, E., Hakim, M. W. A., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.347

Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552

Sari, R. P., Riwayati, S., & Paulina, Y. (2025). Pelatihan menulis puisi melalui metode langsung pada siswa kelas VI SDN 8 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.29303/jppm.v8i1.7699

Tantu, N. (2022). Meningkatkan kemampuan menyusun puisi pada siswa kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato melalui metode latihan. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(3), 977–988. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.977-988.2022

Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.

Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Abdimas UNWAHAS, 7(2). https://doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507

Zen, A., & Yuningsih, C. R. (2021). Lokakarya fotografi: Penggunaan media sosial untuk kreativitas siswa di masa pandemi. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 115. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.115

Diterbitkan

08-09-2025

Cara Mengutip

Alhafidz, Z. R., Fatimah, U., Sari, H. B. N. S., Izzah, M. R., Widyaningsih, A. C., Sofiyatun, N., Ningrum, H. S., Amalia, F. H., Franita, Y., Pradita, L. E., Rekha, A., & Juliyanto, E. (2025). Lokakarya Kepenulisan Puisi sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Apresiasi Literasi Siswa MTSN 1 Kota Magelang. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 109–116. https://doi.org/10.54082/ijpm.933