Lokakarya Kepenulisan Puisi sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dan Apresiasi Literasi Siswa MTSN 1 Kota Magelang
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.933Kata Kunci:
Literasi Kreatif, Lokakarya Kepenulisan, PAR, Pendidikan, PuisiAbstrak
Program Lokakarya Kepenulisan Puisi merupakan upaya untuk mengatasi permasalahan rendahnya minat menulis kreatif dan apresiasi sastra di kalangan siswa MTsN 1 Kota Magelang. Penelitian ini menggunakan metode Participatory Action Research (PAR) dengan melibatkan siswa kelas VII dan VIII sebagai subjek sekaligus partisipan aktif. Pelaksanaan program terdiri dari lima tahapan sistematis yaitu pengajuan proposal, perencanaan, pelaksanaan seminar, evaluasi, dan pelaporan hasil. Kegiatan utama berupa seminar kepenulisan puisi yang menghadirkan Rahma Ade Triana, Duta Bahasa Jawa Tengah, sebagai narasumber yang menyampaikan materi komprehensif mengenai teknik penulisan puisi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusiasme dan pemahaman siswa terhadap literasi kreatif, yang tercermin dari aktifnya partisipasi dalam diskusi dan tanya jawab. Program ini berhasil memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan budaya literasi di lingkungan sekolah dan dapat menjadi model untuk implementasi program serupa di institusi pendidikan lainnya.
Referensi
Arianti, R. (2022). Pelatihan menulis kreatif puisi pada siswa kelas tinggi SD Negeri 006 Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Masyarakat Negeri Rokania, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.56313/jmnr.v1i1.1
Hosaini, & Rinwanto. (2021). Pengantar metodologi participatory action research: Implementasi dan contoh penulisan proposal, penelitian, dan PKM berbasis PAR. Bintang Pustaka Madani.
Juanda, Kamsidik, & Gunarda. (2024). Membangun Sumber Daya Manusia untuk Masa Depan yang Berkelanjutan. AMANAH MENGABDI, 1(1), 35-41. https://doi.org/10.70451/pkm.v1i1.47
Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., Ulwiyah, N. F., Daryati, E., Hakim, M. W. A., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar untuk menumbuhkan nilai-nilai karakter. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(2). https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.347
Rahayu, T., & Kurniawan, P. Y. (2021). Pelatihan membaca dan menulis puisi pada peserta didik TPA Al-Husna. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2(1), 89–96. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.552
Sari, R. P., Riwayati, S., & Paulina, Y. (2025). Pelatihan menulis puisi melalui metode langsung pada siswa kelas VI SDN 8 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 8(1), 7–13. https://doi.org/10.29303/jppm.v8i1.7699
Tantu, N. (2022). Meningkatkan kemampuan menyusun puisi pada siswa kelas V SDN 02 Marisa Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato melalui metode latihan. DIKMAS: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 2(3), 977–988. http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.3.977-988.2022
Tarigan, H. G. (2013). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.
Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa Bandung.
Yono, R. R., Premana, A., & Ubaedillah, U. (2022). Pelatihan menulis puisi siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Abdimas UNWAHAS, 7(2). https://doi.org/10.31942/abd.v7i2.7507
Zen, A., & Yuningsih, C. R. (2021). Lokakarya fotografi: Penggunaan media sosial untuk kreativitas siswa di masa pandemi. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 2(1), 115. https://doi.org/10.37373/bemas.v2i1.115
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Zidan Rizka Alhafidz, Ummu Fatimah, Halim Bi Nuri Syamsika Sari, Maulida Rahmatul Izzah, Arum Cahya Widyaningsih, Nely Sofiyatun, Holilah Sukma Ningrum, Fahisa Hesti Amalia, Yesi Franita, Linda Eka Pradita, Agnira Rekha, Eko Juliyanto

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.