Pendampingan Kelompok Belajar dalam Meningatkan Baca Tulis Al-Qur’an melalui Metode Tilawati di Desa Tambang
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.560Kata Kunci:
Baca Tulis, Metode Tilawati, PendampinganAbstrak
Pendampingan kelompok belajar merupakan bentuk dari salah satu kontribusi mahasiswa dalam belajar hidup bermasyarakat, kegiatan ini berkontribusi membantu pendidik dalam mengajar dan mendampingi peserta didik yang belajar di Desa Tambang. Dengan menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Communities, Development) serta menggunakan teknik pengumpulan data yakni observasi dan wawancara, pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an melalui metode tilawati dengan pendampingan kelompok belajar di Desa Tambang. Kegiatan ini melibatkan anak-anak mulai dari tingkat TK dan SD yang bertempat tinggal di sekitar desa Tambang dengan menggunakan media pembelajaran seadanya. Dengan adanya kegiatan ini dapat menciptakan dampak positif dalam jangka panjang dan dapat menciptakan perubahan yang berkelanjutan. Hasil dari kegiatan pendampingan kelompok belajar dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an melalui metode tilawati di Desa Tambang ini memberikan dampak yang signifikan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perubahan semangat belajar yang semakin meningkat dengan rasa ingin tau mereka yang menggebu gebu, serta hasil baca tulis Al-Qur’an melalui metode tilawati juga meningkat. Hal ini dibuktikan dengan lancarnya bacaan mereka saat setoran secara individu dan daya ingat yang kuat saat di tes melalui lisan.
Referensi
Afandi Agus, (2022) Metodologi Pengabdian Masyarakat, Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI
Erlistiana Devi, Yazida Ichan, Elitawati, & Hesti, (2020) Metode Tilawati Al-Qur’an Sebagai Upaya Meningkatkan Seni Baca Qur’an, Jurnal Pusaka, 12, (21)
Farid Abdullah, Sigit Purwaka, (2022) Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-qur’an Pada Santri TPQ Ababil Sentani Kabupaten Jayapura, Jurnal Waniambey, 3, (1)
Harjanto Hari Setiawan, Adhani Wardianti, (2020), Kelompok Belajar "Kancil" Sebagai Upay Pemenuhan Hak Pendidikan Anak Penjual Kresek Di Pasar Ujung berung, Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan SosiaJ, 15, (02)
Harlina, Muhammad Effendi, (2022), Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di Sekolah Menengah Kejuruan Islami Al-Fatah, Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Dakwah, 18, (1),
Mamlakhah, (2022) Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Pendidikan Islam, Jurnal Bashrah, 02, (02)
Miftakus Agus Surur, Dedi Kuswandi, (2024) Kendala dan Solusi Dalam Proses Pendampingan Guru Tingkat Tinggi, Jurnal Rumpun Pendidikan, 3, (1)
Pujiana Seftian, dkk, (2020) Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Untuk Menumbuhkan Katrakter Disiplin Siswa Di Smp Al-Azhar Syifa Budi Cibinong Bogor, Jurnal Pendidikan, 9, (2)
Ramdhan, M (2021), Metodologi Penelitian, Cipta Media Nusantara
Suharni, (2020) Penerapan Model Belajar Kelompok Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 37 Ampenan, Jurnal Pendidikan dan dakwah, 2, (2)
Wawancara dengan Bapak Muhidin, Tenaga Pendidik Kelompok Belajar Di Desa Tambang (23/08/24)
Widiana Dewi Rahayu, Akhwani, Nafiah, & Sri Hartatik (2022), Pendampingan Kelompok Belajar Siswaberbasiscollaborative Learning, Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1, (4)
Yulianti Norma, Ikhwan A, & Rina M H, (2024) Penerapan Metode Sorogan Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Santri Pondok Pesntren Wali Songo, Jurnal Berkala Ilmiah Pendidikan, 4, (2), : https://doi.org/10.51214/bip.v4i2.882
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tri Wahyuni, Kayyis Fithri Ajhuri
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.