Edukasi Stop Bullying serta Dampak dan Upaya Pencegahan Perundungan pada Siswa SMA Negeri 1 Donorojo Jepara

Penulis

  • Magumi Avrora Iftita Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
  • Nor Amalia Muthoharoh Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia
  • Rika Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.551

Kata Kunci:

Bullying, Edukasi, Remaja

Abstrak

Bullying merupakan tindakan yang menyakitkan seseorang bahkan sekelompok orang. Tindakan bullying tidak hanya dalam bentuk fisik namun bisa berupa verbal dan psikologi, sehingga korbannya merasa tertekan bahkan trauma. Masa remaja merupakan masa dimana mencari jati dirinya dan kadang masa ini sering disalah artikan karena pergaulan lingkungan yang mampu mempengaruhi tindakannya. Remaja yang menjadi korban dari perundungan temannya lebih beresiko mengalami berbagai masalah kesehatan bahkan sampai melakukan tindakan bunuh diri. Masalah kesehatan yang sering dialami korban bullying dapat berupa depresi berlebihan, masalah tidur, mudah gelisah, atau keluhan fisik seperti lebih sering sakit kepala, sakit perut dan otot tegang. Sedangkan pada lingkungan sekitarnya mereka akan lebih menarik diri dikarenakan muncul rasa tidak aman, yang mengakibatkan penurunan prestasi akademiknya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi terkait bullying dan dampaknya serta upaya pencegahan beserta sanksinya sebagai upaya penurunan kasus bullying. Metode edukasi yang kami lakukan yaitu melalui sosialisasi ke sekolah SMA N 1 Donorojo Jepara. Sasaran program adalah siswa kelas X (Sepuluh). Hasil yang didapatkan yaitu siswa paham bentuk – bentuk dalam perundungan, upaya pencegahannya, hingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupannya sehari – hari dan bisa menjadi contoh yang baik untuk lingkungan sekitarnya dengan didampingi guru – guru di SMA N 1 Donorojo Jepara.

Referensi

Alfiyatun, Vanista, A., & Patmawati, I. (2023). Faktor Penyebab Perundungan Pada Pelajar Usia Remaja Di Pangandaran. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 1(3), 1067–1072.

Andreou, E., Tsermentseli, S., Anastasiou, O., & Kouklari, E.-C. (2021). Retrospective Accounts of Bullying Victimization at School: Associations with Post-Traumatic Stress Disorder Symptoms and Post-Traumatic Growth among University Students. Journal of Child & Adolescent Trauma, 14(1).

Farisi, B. Al, & Movanita, A. N. K. (2024). Polisi Tetapkan Tersangka Kasus Perundungan di SMA Serpong, Orangtua Korban: Alhamdulillah, Akhirnya Terbuka. Kompas.Com.https://megapolitan.kompas.com/read/2024/03/01/20580621/polisi-tetapkan- tersangka-kasus-perundungan-di-sma-serpong-orangtua#

Humas UNESA. (2022). Bullying Marak di Sekolah, Pakar Psikologi Anak UNESA Ungkap Penyebab dan Solusinya. https://www.unesa.ac.id/bullying-marak-di- sekolah-pakar-psikologi-anak-unesa-ungkap-penyebab-dan-solusinya

Indriyati, Prasetya, O., Mafrudoh, L., Adenan, & Suhendra, A. (2024). Stop bullying sebagai upaya pencegahan perilaku perundungan di lingkungan sekolah. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M), 5(1), 119–125. https://doi.org/10.33474/jp2m.v5i1.21509

Lusiana, S. N. E. L., & Siful Arifin. (2022). Dampak Bullying Terhadap Kepribadian Dan Pendidikan Seorang Anak. Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, 10(2), 337–350. https://doi.org/10.52185/kariman.v10i2.252

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2014). PERATURAN MENTERI KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2014.

Nabila, L. S., Malihah, E., & Supriyono. (2024). Teman Sebaya dan Resiliensi Korban Perundungan Siswa SMA di Bandung. Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 13(1), 37–46. https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index

Patoppoi, B. (2024). Angka Perundungan Pada Anak Meningkat, Begini Kata Komisioner KPAI dan Psikolog. SUARASURABAYA.NET. https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2023/angka-perundungan-pada-anak- meningkat-begini-kata-komisioner-kpai-dan-psikolog/

Qamaria, R. S., Pertiwi, F. H., Mulyani, L. N., Sari, N. N., Harriroh, A., Haq, I. N., Nasihatin, S. S., Erlangga, S. A., Anisahab, A., & Jannah, M. (2023). Upaya Menciptakan Lingkungan Sekolah Ramah Anak Melalui Kampanye Stop Bullying. Kontribusi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 33–46. https://doi.org/10.53624/kontribusi.v4i1.265

Saputri, A. I., & Arifin, R. (2022). Perlindungan Korban dalam Penanganan Post Traumatic Stress Disorder pada Tindak Kejahatan Bullying pada Remaja di Indonesia. Jurnal Aktual Justice, 7(1), 1–29.

Suffah, F. A. (2023). Hubungan Konsumsi Sumber Zat Besi, Asam Folat, Dan Kobalamin Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Sekolah Menengah Atas Kecamatan Menganti. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik).

Tangkas, M. K. S., Pratama, A., Wardana, K. E. L., Sugiartini, D. K., Ridayanti, P. W., Triguno, Y., & Widiastini, P. M. F. (2023). Edukasi Bullying Pada Remaja Di SMA Negeri Bali Mandara. Jurnal Abdimas ITEKES Bali, 2(2), 122–126. https://doi.org/10.37294/jai.v2i2.472

Wulandari, J., Khairunnisa, N., Yolandari, S., Ro`uufu, T. M. A., & Subagja, R. (2024). Pengaruh Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental pada Remaja. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1).

Diterbitkan

10-09-2024

Cara Mengutip

Iftita, M. A., Muthoharoh, N. A. ., & Amalia, R. J. . (2024). Edukasi Stop Bullying serta Dampak dan Upaya Pencegahan Perundungan pada Siswa SMA Negeri 1 Donorojo Jepara . Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 319–324. https://doi.org/10.54082/ijpm.551