Pelatihan Literasi Digital Anak untuk Edukasi Keamanan dan Etika Digital Pelajar SD Muhammadiyah 12 Setia Budi Pamulang
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.528Kata Kunci:
Etika Digital, Literasi Digital, Komunikasi Informasi Dan Edukasi, Keamanan DigitalAbstrak
Literasi digital sejak dini menjadi bagian penting dalam memberi pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya keamanan dan etika media sosial. Pemahaman literasi digital sangat penting bagi para siswa, karena dari potensi resiko digital konten, kontak, kondak dan kontrak pada anak sangat memungkinkan karena anak-anak terlalu asik bermain gawai atau smartphone. SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang merupakan salah satu sekolah akreditasi A dengan tagline The Progressive School of Islam yang masih membutuhkan pemahaman terkait literasi digital untuk keamanan dan etika digital. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pelatihan literasi digital pada siswa SD Muhammadiyah 12 Setiabudi Pamulang yang dilakukan oleh tim Dosen FISIP UHAMKA dengan metode Komunikasi Informasi dan Edukasi, yakni ceramah dan diskusi. Hasil pelaksanaan menunjukan bahwa siswa memahami pentingnya keamanan dan etika digital, khususnya dalam games online. Para pelajar kelas 2 AlGhazali SD Muhammadiyah 12 Setia Budi Pamulang gemar bermain games dan penggunaannya masih dapat dibatasi atau diatur oleh orangtua atau gurunya.
Referensi
Aldini, Raden R. H., et al. "Pengaruh Literasi Digital Siswa dan Keterlibatan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VI di Sekolah Dasar Negri Benda." Jurnal Education and Development, vol. 10, no. 2, 2022, pp. 409-414.
Dinata, Karsoni B. "Literasi Digital dalam Pembelajaran Daring." Eksponen, vol. 11, no. 1, 29 Apr. 2021, doi:10.47637/eksponen.v11i1.368.
Habibin, Elfin (2018). Komunikasi Interpersonal Antara Masyarakat Islam Dan Kristen Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama Di Desa Budaya Pampang. EJournal llmu Komunikasi, 6(3), 349–362.
Kharizmi, Muhammad. "Kesulitan Siswa Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi." Jurnal Pendidikan Almuslim, vol. 7, no. 2, 2019.
Maruti, Endang S., et al. "Program Literasi Digital Bagi Anak-Anak Kampung Wonopuro, Dusun Sidowayah, Kabupaten Ponorogo." Amalee, vol. 2, no. 2, 2021, pp. 97-107, doi:10.37680/amalee.v2i2.861.
Rahmadi, Imam F., and Eti Hayati. "Literasi Digital, Massive Open Online Courses, dan Kecakapan Belajar Abad 21 Mahasiswa Generasi Milenial." Jurnal Studi Komunikasi dan Media, vol. 24, no. 1, 2020, pp. 91-104, doi:10.31445/jskm.2020.2486.
Rahmawati, Y., & Nurhayati, F. (2022). Pemanfaatan Sosial Blogging untuk Meningkatkan Kompetensi Literasi Digital. Jurnal SOLMA, 11(1), 92–102. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/7663
Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380
Stoilova, S. L. and M. (2021). The 4Cs : Classifying Online Risk to Children The 4Cs : Classifying online risk to children CO : RE Short Report Series : Key topics. https://doi.org/10.21241/ssoar.71817
Yustisia, K. K., Winarsih, A. D., Lailiyah, M., Yudhawardhana, A. N., Binatoro, A. S., & Arifah, Q. (2023). Edukasi Literasi Digital Siswa Sekolah Dasar Tentang Strategi Keamanan dan Manajemen Siber. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 135–147. https://doi.org/10.31571/gervasi.v7i1.4472
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Yulia Rahmawati, Magvira Yuliani, Farida Hariyati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.