Pendampingan Penyusunan Modul ASEAN for Students bagi Anggota Malang-ASEAN Youth Community
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.394Kata Kunci:
ASEAN, Modul, PelajarAbstrak
Program pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pendampingan penyusunan modul ASEAN for Students bagi anggota Malang-ASEAN Youth Community (Maycomm). Permasalahan yang dihadapi adalah adanya program kerja untuk menyusun modul yang akan digunakan sebagai panduan untuk memahami berbagai informasi tentang ASEAN di kalangan pelajar, namun terdapat kendala. Pertama, minimnya kapasitas pengetahuan dan pemahaman anggota Maycomm dalam menyusun dan menerbitkan modul. Solusi yang ditawarkan adalah pelatihan dan pendampingan penyusunan modul mulai dari konsep dan kerangka hingga naskah final modul. Kedua, rendahnya komitmen beberapa anggota Maycomm untuk terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan. Solusi yang ditawarkan adalah pelibatan anggota Maycomm untuk secara bersama-sama berkontribusi dalam penyusunan naskah modul. Ketiga, kendala pendanaan dalam realisasi program. Solusi yang ditawarkan adalah sharing pendanaan antara tim pengusul dan mitra (Maycomm) dalam penyusunan dan penerbitan modul. Adapun metode pelaksanaan pengabdian ini adalah metode pelatihan dan pendampingan penyusunan modul serta pendampingan penerbitan modul. Hasil pengabdian ini menemukan bahwa kegiatan yang dilakukan penting dan dibutuhkan oleh anggota Maycomm, bukan hanya sebagai bagian dari komunitas tetapi juga untuk menunjang keterampilan sebagai mahasiswa. Kegiatan ini diikuti secara antusias oleh peserta hingga terbitnya modul yang rencanakan. Modul ini selanjutnya dapat memberikan nilai ekonomis bagi Maycomm karena diperjualbelikan.
Referensi
Aditiany, S. (2015). Peranan Pelajar dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. Majalah Ilmiah UNIKOM, 16(1), 37–42.
Benny, G. (2012). Public Perception in Indonesia on the Obstacles for Establishing the ASEAN Community. International Journal on Social Science Economic & Arts, 2(3), 30–37.
Guido Benny, & Kamarulnizam, A. (2011). Indonesian Perceptions and Attitudes toward the ASEAN Community. Journal of Current Southeast Asian Affairs, 30(1), 46–51.
Krisman, K., Pudjiastuti, T. N., Salim, Z., Febiyansah, P. T., Luhulima, C., & Inayati, R. S. (2016). Strategi Peningkatan Pemahaman Masyarakat Tentang Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Penelitian Politik, 13(1), 105–118. https://doi.org/https://doi.org/10.14203/jpp.v13i1.226
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. (2015). Pemahaman terhadap MEA Masih Rendah. LIPI. http://lipi.go.id/berita/single/Pemahaman-terhadap-MEA-Masih-Rendah/10474
Maya, A. J. (2016). Masyarakat ASEAN dalam Pilar Sosial-Budaya: Pencapaian Konstruksi Identitas “Kekitaan” Masyarakat ASEAN.
Munthe, A. G., & Chandra, A. (2012). Deskripsi Implementasi Sosialisasi ASEAN Community oleh Sekretariat Nasional ASEAN di Propinsi Jawa Barat Studi Kasus Kabupaten Sukabumi, Cianjur dan Kotamadya Bandung. Research Report - Humanities and Social Science, 1.
Rijal, N. K. (2017). Tantangan Implementasi ASEAN Community: Kasus di Kota Malang. Insignia Journal of International Relations, 4(01), 53–67. https://doi.org/10.20884/1.ins.2017.4.01.486
Rijal, N. K., & Prasodjo, H. (2022). Literasi Asean: Pendampingan Penulisan Bagi Anggota Malang-Asean Youth Community (Maycomm). Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 264–270.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Cahyani, R. A. T. (2022). Pembuatan Aplikasi Smadita ASEAN School sebagai Media Pembelajaran ASEAN di SMA Diponegoro Tumpang Kabupaten Malang. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 4(1), 40–48.
Rijal, N. K., Prasodjo, H., & Prinanda, D. (2020). ASEAN Class Program di MTs. Muhammadiyah 1 Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(2), 90–97. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v4i2.17518
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Najamuddin Khairur Rijal, Haryo Prasodjo, Devita Prinanda

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							



 
  
  
  
  
  
  
 