Pendidikan Rabbani dalam Penerapan Metode Tahsin dan Tahfidz Siswa-Siswi SDN Talang 2 di Dusun Talang, Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur

Penulis

  • Ahmad Iqbal Ekonomi Islam, Fakultas Ekonomi dan Manajemen, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Syifa'a Ulmuwahhidah Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia
  • Yassir Lie Al Humaira Sabiela Rahmah Ilmu Al Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, Universitas Darussalam Gontor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.376

Kata Kunci:

Metode, Tahfidz, Tahsin

Abstrak

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengurangi angka buta huruf hijaiyah dan untuk menjaga hapalan al-Qur’an untuk mewujudkan karakter insan rabbani pada siswa siswi SDN Talang 2 di Dusun Talang, Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, kegiatan pengabdian masyarakat deskriptif ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa pembelajaran materi agama islam di SDN Talang 2 belum mencapai tingkat keberhasilan yang optimal. Faktor-faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan pembelajaran agama adalah: a)Faktor penghambat,meliputi: 1) kurangya sumber daya manusia(guru) agama2) sarana dan prasarana pembelajaran agama.b)Kemudian dari segi faktor pendukung,meliputi: 1) kepemimpinan kepala sekolah;2) kondisi fisik (kesehatan); 3)tingkat pendidikan guru;4) perangkat pembelajaran;5) materi pembelajaran; 6) iklim sekolah; dan 7) motivasi guru. Adanya berbagai strategi yang dilakukan dalam melestarikan al-Qur’an melalui pembelajaran di sekolah dasar yaitu Pembelajaran secara bertahap pada tingkat kelas yang berbeda baik teori maupun praktek.

Referensi

Akbar Rosyidi Datmi, Muhammad. (2019). Buku Daras Tahsin Al-Quran Metode Benar Dalam Al-Quran. Medan: CV Manhaji.

Al-Maududi, Abu A’la. (1981). Bagaimana Memahami Al-Qur’an. Surabaya: Al-Ikhlas.

Harfiani, Rizka. (2021). Multiple Intelligences Approach (Melejitkan Potensi Kecerdasan Anak Usia Dini). Medan: UMSU PRESS

Syakura, Hilya. (2021). Penerapan Metode Sima’i Dalam Menghafal Al-Qur’an pada anak celebral Palsy di Yayasan Rumah Gadang Celebral Palsy Padang (Studi Living Qur’an). (Skripsi Sarjana, UIN Sultan Syarif Kasim Riau). https://www.academia.edu/download/85271908/GABUNGAN_20KECUALI_20BAB_20IV.pdf

Ilyas, Muhammad Fadly. (2017). Peranan Metode Wahdah terhadap Prestasi Hafalan Santri Tahfidzul Qur’an Pesantren Darul Istiqomah Maros. (Skripsi Sarjana,UIN Alauddin Makassar). http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5068/

Izzan, Ahmad. (2018). Metode Pembelajaran Al-Qur’an. Bandung

Mualim. (2022). Mensyiarkan Program Tahfidz dan Tahsin Al-Qur’an Melalui Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Ancaran Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan, Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 1(2), 173 https://journal.formosapublisher.org/index.php/jpmf/article/view/579

Muntahar, Ali. (2005.) Kamus Arab-Indonesia. Jakarta: Ikrar Mandiri abadi.

Rahman, Habibu. (2020). Pengembangan Nilai Moral Dan Agama Anak Usia Dini. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Miftahul Ulum, Rifki. (2018). Penerapan Pembelajaran Tahfidz Menggunakan Metode Muraj’ah, Kitabah, Sima’i di Madrasah Ibtidaiyah Terpadu Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. (Skripsi Sarjana, UIN Raden Intan Lampung). http://repository.radenintan.ac.id/5490/

Safrina Ariani & Realita (2015) Program Bengkel Mengaji (Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Mahasiswa PAI) Jurnal Mudarrisuna, Volume 5, Nomor 1 (Januari – Juni 2015)

Soenarto, Ahmad. (1998). Pelajaran Tajwid Praktis dan Lengkap. Jakarta: Bintang Terang.

Suryana, Yaya. (2021). Manajemen Program Tahfidz Al-Quran. Jurnal Islamic Education Manajemen, 3(1).

File Tambahan

Diterbitkan

24-04-2024

Cara Mengutip

Iqbal, A., Ulmuwahhidah, S., & Rahmah, Y. L. A. H. S. . (2024). Pendidikan Rabbani dalam Penerapan Metode Tahsin dan Tahfidz Siswa-Siswi SDN Talang 2 di Dusun Talang, Desa Talang, Kecamatan Jogorogo, Ngawi, Jawa Timur. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 65–70. https://doi.org/10.54082/ijpm.376