Pengembangan Home Industry Kemplang di Desa Pemulutan Ilir Provinsi Sumatera Selatan di Tinjau Dari Sumber Daya Manusia
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.372Kata Kunci:
Home Industry, Karyawan, Kemplang, PelatihanAbstrak
Home Industri atau usaha kecil merupakan suatu unit usaha/perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Home industri Kemplang yang ada desa Pemulutan Ilir Dusun III RT. 05 RW 02 Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir Provinsi Sumatera Selatan yang dikelola oleh ibu Asrania dengan dibantu 4 orang karyawannya. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh home industri tersebut dalam mengembangan usahanya seperti, masih kesulitan dalam peningkatan penjualan dan pemasaran kemplang. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini yaitu melakukan pendampingan terhadap pengelola dan karyawan home industri kemplang di Desa Pemulutan Ilir. Pelaksanaan kegiatan pendampingan menggunakan metode Observasi, Wawancara, Diskusi dan Pelatihan. Hasil dari kegiatan pengabdian pada Home Industri Kemplang yaitu melakukan pelatihan pembuatan media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk meningkatkan pemasaran dan penjualan. Dari pelatihan ini meningkatnya pemahaman pelaku home industri bahwa pentingnya sumber daya manusia dalam pengembangan sebuah bisnis.
Referensi
Diana, & Laila, N. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Home Industri Makanan Sebagai Peluang Pendapatan di masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ, 1(1), 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat
Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204
Herudiansyah, G. (2024). TATA KELOLA DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KERUPUK IBU DAHLIA DESA JEJAWI OKI SUMATERA SELATAN. SURYA EDUKASI JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 1(1), 87–94.
Jannah, F., Hadawiah, H., & Majid, A. (2022). Analisis Peran Media Promosi Pada PT. Mayora Dalam f Mempromosikan Produk Torabika. Respon Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ilmu Komunikasi, 2(2), 24–31. https://doi.org/10.33096/respon.v2i2.44
Kartini, Maili Ningrum, I., Ervina Sari, J., & Khoirunnisa. (2020). Penelitian tentang Facebook. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 146–153.
Kevin, D., & Carsana, Y. (2020). Pengaruh Promosi, Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Suzuki Di Pt.Arista Suskes Abadi Tanjung Pinang. Jurnal Manajerial Dan Bisnis Tanjungpinang, Vol.3, No.1, 2020: 1-13, 3(1), 1–13.
Lestari, E. A., & Nuryanti. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Pendidikan, Jurnal Konseling, Dan, 4, 1349–1358.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI ( Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House ). 3.
Rizky, A. I., Kusumadewi, R., & Saefulloh, E. (2022). Pengaruh Pelatihan dan Karakteristik Wirausaha Terhadap Pengembangan UMKM (Studi Pada UMKM di Kecamatan Cigugur). Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 361–376. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v3i1.1680
Ziauddin, Z. E., M. Yahya, & Alya Nadasyifa. (2023). Dampak Home Industry terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Menurut Perspektif Ekonomi Islam di Kota Langsa. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 5(April), 63–83. https://doi.org/10.32505/jim.v5i1.5939
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Anjas Putra A, Wiwin Agustian, Irwansyah Irwansyah, Helda Yudiastuti, Dina Melita

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.