Pengembangan Academic Efficacy dalam Mempelajari Bahasa Inggris

Penulis

  • Mahira Salimah Gumilar Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universita Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia
  • Anissa Rizky Andriany Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universita Muhammadiyah Prof Dr Hamka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.361

Kata Kunci:

Academic Efficacy, Bahasa Inggris, Pengembangan

Abstrak

Bahasa Inggris adalah bahasa yang universal karena digunakan oleh sebagian besar negara di dunia sebagai bahasa utama. Selain itu, Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional yang penting untuk dikuasai atau dipelajari. Dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris, siswa tentu mengalami suatu hambatan dalam belajar. sehingga dapat menimbulkan kurang maksimalnya hasil belajar siswa. Permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris ini, Academic Efficacy sangat diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta didik dalam menguasai Bahasa Inggris. Metode yang dilakukan adalah melakukan pendekatan pembelajaran dengan 4 program kegiatan yaitu Proyek kolaboratif, Kompetisi, Apresiasi positif dan Forum diskusi. Pada siswa di Anuban Wangmai Sasanasart School Satun, Thailand. Berdasarkan hasil bahwa meningkatkan Academic self-efficacy pada siswa bisa melalui 4 kegiatan menarik yang di kemas dengan menyenangkan sehingga minat siswa terhadap pembelajaran Bahasa Inggris meningkan dan rasa yakin terhadap kemampuan diri sendiri juga meningkat.

Referensi

Fitriana, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517

Inayah, Y., & Sya, M. F. (2022). Kreatifitas Berfikir Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 1, 339–345. https://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/view/7822%0Ahttps://ojs.unida.ac.id/karimahtauhid/article/download/7822/3510

Nauvalia, C. (2021). Faktor eksternal yang mempengaruhi academic self-efficacy: Sebuah tinjauan literatur. Cognicia, 9(1), 36–39. https://doi.org/10.22219/cognicia.v9i1.14138

Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). DAMPAK EFIKASI DIRI TERHADAP PROSES & HASIL BELAJAR MATEMATIKA (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.514

Purnami, A. A. (2016). Title. Analisis Nilai Moral Dalam Cerita Pendek Pada Majalah Bobo Edisi Januari Sampai Desember 2015, 2016.

Usher, E. L., & Morris, D. B. (2023). Self-efficacy. Encyclopedia of Mental Health, Third Edition: Volume 1-3, 3(1994), V3-117-V3-124. https://doi.org/10.1016/B978-0-323-91497-0.00085-0

Wijaya, I. K. (2015). Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar. BAHTERA : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 14(2), 120–128. https://doi.org/10.21009/bahtera.142.02

Diterbitkan

07-04-2024

Cara Mengutip

Gumilar, M. S., & Andriany, A. R. (2024). Pengembangan Academic Efficacy dalam Mempelajari Bahasa Inggris. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.54082/ijpm.361