Pengembangan Karakter Siswa Melalui Kegiatan Outbound pada SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen, Jawa Tengah
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.272Kata Kunci:
Karakter, Outbound, PengembanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman, empati, dan membangun kepercayaan diri serta saling percaya antar individu. Tujuan lainnya mencakup pengembangan kemampuan dalam membentuk tim yang kompeten, pemahaman tentang pentingnya kerja sama, serta mendukung pertumbuhan individu dalam konteks kelompok yang lebih dinamis. Di samping itu, tujuannya juga membantu individu menghadapi tantangan yang muncul dalam lingkungan kelompok, dan menyediakan pengetahuan serta keterampilan kreatif dalam merancang program bagi siswa agar memiliki kemampuan kreatif dalam mengembangkan pembelajaran karakter. Penelitian ini menggunakan dua pendekatan. Pendekatan pertama adalah pendekatan teoritis yang melibatkan penyampaian materi, diskusi, dan sesi tanya jawab. Pendekatan kedua adalah pendekatan praktis yang mencakup pembelajaran teknik dasar dalam kegiatan outbound, pemahaman nilai kerjasama, kepercayaan, kemampuan memecahkan masalah, proses pendewasaan diri, kebersamaan, kepemimpinan, kemampuan untuk mencapai tujuan, serta pelatihan mental dan keberanian. Keberhasilan kegiatan ini diukur dari tingkat antusiasme peserta yang tinggi selama kegiatan, serta penguasaan pengetahuan dan keterampilan baru terkait kegiatan outbound ini. Inisiatif pengembangan karakter melalui kegiatan outbound bagi siswa kelas IX SMP Darul Ihsan Muhammadiyah Sragen sangat diapresiasi oleh siswa, terlihat dari partisipasi yang tinggi dan tingkat antusiasme mereka dalam setiap tahap kegiatan. Pendekatan kegiatan ini memiliki dampak positif dalam pengembangan karakter, kepribadian, dan hiburan siswa, baik secara langsung maupun tidak langsung.
Referensi
Basir, A. (2021). Pengelolaan Pengembangan Program Melalui Permainan Outbound. 2(2), 116–138.
Ceria, J., Energik, C., & Inovatif, R. (2020). Jurnal ceria (cerdas energik responsif inovatif adaptif). 3(4), 344–353.
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. 4(April), 17–26.
Lizawati. (2018). Cerita Rakyat Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Dalam Membangun Generasi Literat. 19–26.
Lukman. (2019). Aktualisasi Multiple Intelligences Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Outbound Di Taman Kanak-Kanak Islam.
Maemunah. (2018). Membangun Pendidikan yang Mandiri dan Berkualitas pada Era Revolusi Industri 4.0 Aula Universitas Muhammadiyah Mataram 1. September, 1–9.
Pangrazi, R. P., & Beighle, A. (2019). Dynamic Physical Education For Elementary School Children. Human Kinetics.
Rusiana, Siregar, N. R., & Rudin, A. (2020). Implementasi Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengatasi Degradasi Moral Siswa. 4, 27–34.
Sukartaatmadja, I., Muktiadji, N., & Effendy, M. (2020). PKM Kegiatan Outbound & Team Building Bagi Karyawan BPR Mandiri. 1(1), 57–66.
Winarsih, B. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4, 2388–2392.
Yunaida, H., & Rosita, T. (2018). Outbound Berbasis Karakter Sebagai Media Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Aisyiyah 6 Kota Bandung). Comm-Edu, 1(1), 30–37.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yoga Adi Saputra, Sitti Retno Faridatussalam
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.