Strategi Pemasaran Pupuk Kompos dan Sayur Organik secara Digital pada Kelompok Ternak Muda Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas

Penulis

  • Dyah Ayu Shintawati Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
  • Kismo Kismo Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
  • Hermenshah Putra Dyah Ananta Wibawa Zaeni Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
  • M. Faesal Fakih Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
  • Agustinah Setyaningrum Program Studi Peternakan, Fakultas Peternakan, Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto Utara, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.253

Kata Kunci:

Desa Melung, Digital Marketing, Pemuda

Abstrak

Perkembangan bisnis dan usaha pada modern ini sudah merambah pada penggunaan teknologi secara digital. Digital marketing atau pemasaran digital merupakan salah satu upaya pemasaran yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital untuk memaksimalkan efisiensi promosi dan keuntungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif melalui metode ceramah, diskusi, dan demonstrasi. Dan juga kuantitatif melalui soal pretest dan post-test. Materi yang disampaikan dalam pelatihan digital marketing meliputi pemasaran digital, keunikan produk pertanian, teknik pemasaran, pentingnya strategi pemasaran digital marketing, contoh kampanye pemasaran, meningkatkan kualitas pemasaran. Hasil dari sosialisasi dan pretest yang dilakukan, pemuda Desa Melung belum secara mayoritas menggunakan produk digital marketing untuk usaha atau melakukan penjualan. Pelatihan digital marketing yang diberikan cukup membantu untuk melakukan pemasaran produk pupuk kompos dan sayur organik yang dihasilkan pemuda Desa Melung. Hasil dari kegiatan pelatihan ini yaitu pemuda desa mampu melaksanakan pemasaran dan penjualan secara digital dengan memanfaatkan media sosial serta mampu untuk menguasai strategi pemasaran secara digital untuk mendukung kemajuan ekonomi rumah tangga dan desa.

Referensi

Amaliah R.R., F. Abdul dan N. Sari. (2014). Penerapan Model Ceramah dan Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI di SMA Negeri 44 Jakarta. Jurnal Studi Al-Qur’an UNJ, 10(1), 120-121.

Arfianto dan Balahmar. (2014). Pemberdayaan Masyarakat dalam Pembangunan Ekonomi Desa. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 2(1), 53-65.

Astuti, S.J.W., E. W. Endarti, dan H. Susanto. (2021). PPM Pemanfaatan Limbah Ternak Kambing Menjadi Pupuk Kompos. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4(1), 902-910.

Astuti, SJW., Supriyanto, dan Sujani. (2019). Local Resources Based Community Empowerment (Through The Eggplant Processed Products In Sido Jangkung Village). Jurnal Sinergitas PkM & CSR., 4(1), 26-37.

Brigita, W. C. Diah, S. G. dan Pahrul F. (2022). Analisis Perbedaan Omset Penjualan UMKM Sebelum dan Sesudah Menggunakan QRIS di Purwokerto. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 24(1), 48-57.

Choirun, L. N. N., Iin, B. M., Mukhibatul K., Sofyan, A. (2022). Strategi Pemasaran melalui Digital marketing Berbasis E-Modul Flipbook untuk Kelompok Wanita Tani Desa Bedahlawak. Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2):69-81.

Farhani, I. dan Harmon C. (2021). Faktor Penentu Transformasi Digital UMKM: Bukti dari Indonesia. Prosidin The 12th Industrial Research Workshop and National Seminar Bandung.

Imam, M. N., P. Tandi, B., Muh. I. A. (2020). Strategi Pemasaran Produk Olahan Peternakan Bakso Goreng Pada Kelompok Wnaita Tani Melalui Digital marketing Systemi, 16(2): 85-91.

Purwanto, E. dan Ricky, I. W. (2023). Digital marketing Sebagai Strategi Pengembangan Pasar Pada UMKM di Kelurahan Rungkut Menanggal. JICS: Journal of International Community Service, 2(1): 50-58.

Putri, A. P., Hetami, A. A., Fourqoniah, F., Andriana, A. N., Ardiyani, M., Muniroh, T. U., ... & Indah, S. R. (2022). Pelatihan digital marketing untuk Mencapai Optimalisasi Strategi Pemasaran pada UMKM. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 3(2.1 Desember), 828-839.

Subhadra, I. N. (2019). Alleviating Poverty Through Community-based Tourism: Evidence from Batur Natural Hot Spring Water-Bali. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 8(51):1-23.

Widyastuti, Sri. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta Selatan:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pancasila.

Diterbitkan

28-12-2023

Cara Mengutip

Shintawati, D. A., Kismo, K., Zaeni, H. P. D. A. W. ., Fakih, M. F. ., & Setyaningrum, A. (2023). Strategi Pemasaran Pupuk Kompos dan Sayur Organik secara Digital pada Kelompok Ternak Muda Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas . Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 415–422. https://doi.org/10.54082/ijpm.253