Pelatihan dan Pemanfaatan Video Company Profile sebagai Media Promosi pada Taman Belajar di Karanganyar

Penulis

  • Norhikmah Norhikmah Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta, Indonesia
  • Farhan Riski Rianda Program Studi Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.243

Kata Kunci:

Company Profile, Promosi, Taman Belajar, Video

Abstrak

Pada lembaga pendidikan yang berbasis swadaya masyarakat atau gratis memiliki stigma dimasyarakat bahwa lembaga pendidikan tersebut belum bermutu, karena dimata masyarakat semakin mahal biaya pendidikan semakin bagus mutu pendidikannya. Lembaga paud taman belajar anak termasuk dalam kategori swadaya masyarakat, yang baru berjalan kurang lebih 1 tahun, dan memiliki 6 fasiitator serta beberapa relawan, untuk setiap kegiatan para fasilitator dituntut untuk mendokumentasikan hasil setiap kegiatan dengan baik dan bagus sehinga pesan yang ingin disampaikan dalam video tersebut tersampaikan dengan baik. Maka dari itu dibutuhkan pelatihan untuk fasilitaor bagaimana mengambil video dan gambar dengan benar sehingga dapat dijadikan sebuah rangkaian video yang dapat menjadi profile untuk taman belajar. Dengan tahapan pelatihan, yang pertama penentuan konsep, kedua pengambilan gambar, ketiga editing, tahapan terakhir publish kesesosial medi. Sehingga kemanfaatan video company profile untuk dapat memberikan informasi dan gambaran visual yang lengkap dari latar belakang, fasilitas yang dimiliki sampai dokumentasi kegiatan siswa, dengan hasil evaluasi untuk informasi kualitas gambar dan suara video dengan jumlah persentase sebesar 66,7 % , yang harapannya video company profile tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media promosi sehingga informasi dapat tersampaikan kepada semua lapisan masyarakat, dan dapat juga membangun branding tersendiri pada lembaga paud taman belajar anak.

Referensi

Leonardo, J. A., Duto Hartanto, D., & Febriani, R. (2021). Perancangan Konsep Video Company Profile Untuk Meningkatkan Awareness Studio ADHD Surabaya. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18).

Maharani Jasmine, A., & Benaya Loen, R. (2020). Penggunaan Video Company Profile Sebagai Sarana Informasi Dan Meningkatkan Promosi Pada PT Avoir Industry ( The Use Of Company Profile Video As A Means of Information and Increase Promotion at PT Avoir Industry ). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 2(2), 125–132.

Santoso, A. B., & Dewi, M. U. (2021). Implementasi Website Company Profile Sebagai Media Sistem Informasi Pemasaran Dan Pengenalan Sekolah Secara Online Saat Pandemi. Jurnal Abdidas, 2(4), 859–865. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i4.383

Wahyuni, N., Djonnaidi, Si., Miladiyenti, F., & Ramadhani, P. A. (2023). Pemanfaatan Video Profil Kampung Kerajinan Daur Ulang Sampah Dan Seribu Keripik Sebagai Sarana Promosi Dan Pengembangan Kampung Tematik Kelurahan Batu Gadang Kecamatan Lubuk Kilangan Padang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(11), 6867–6874.

Wibawa, R., Diah Ikawati, H., Resnandari Puji Astuti, E., Ilmu Pendidikan dan Psikologi, F., & Coresponding autor, U. (2020). Pelatihan Pembuatan Video Company Profile Bagi Siswa Ma Darul Qur’an Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Cahaya Mandalika, 1(1), 20–24.

Widiastuti, S., & Baihaqi, H. (2019). PERANCANGAN VIDEO COMPANY PROFILE SIANGSA (SISTEM INFORMASIANGKUT SAMPAH) PADA KECAMATAN KALINYAMATAN KABUPATEN JEPARA. Prosiding Seminar Nasional Penelitian &Pengabdian Kepada Masyarakat , 978–602.

Diterbitkan

02-12-2023

Cara Mengutip

Norhikmah, N., & Rianda, F. R. (2023). Pelatihan dan Pemanfaatan Video Company Profile sebagai Media Promosi pada Taman Belajar di Karanganyar. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 333–338. https://doi.org/10.54082/ijpm.243