Peningkatan Daya Tarik Mahasiswa untuk Berwirausaha Melalui Program Magang Wirausaha Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.241Kata Kunci:
Berwirausaha, Mahasiswa, Magang, Meningkatkan, ProgramAbstrak
Kegiatan mahasiswa melalui program wirausaha merdeka tidak lepas dari kurangnya pemahaman tentang berwirausaha dan kurangnya minat mahasiswa untuk memulai berwirausaha. Adanya program wirausaha merdeka yang mana bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang pentingnya berwirausaha di usia dini dan memiliki keterampilan dalam usaha yang sukses dan berkembang. Metode ini mengunakan learning by doing dimana magang di PT. Brownies Cinta Karanganyar. Hasil magang selama 2 bulan mehasilkan pengetahuan yang luas dan bagian yang penting dalam memulai berwirausaha yaitu bagian produksi, keuangan dan pemasaran. Hasil selama mengikuti magang wirausaha mahasiswa memliki semangat dan meningkatnya daya Tarik untuk memulai berwirausaha serta mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas.
Referensi
Adcharina. pratiwi, Suranto, Nurgiyatna, Musabbikha, Aan Sofyan. (2022). Pedampingan Pelatihan Aplikasi Media Sosial di Masa new normal pandemi Covid 19 pada Batik Av Production. Jurnal TTG Universitas Sahid Surakarta.
Ahmad, Ali, m., & Wahyuni, S (2021). Student Perceptions Of Outdoor Learning As Environmental Education Process. 7(3), 366-372
Albertus Yudi Yuniarto, 2004. Minat Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Kewirausahaan di Jurusan Manajemen FE USD untuk Berwirausaha. JurnalAntisipasiVol.8No.1. Pojok BEI. Yoyakarta: Falkultas Ekonomi USD .
Dirjen Dikti Kemendikbud, (2020). Buku Panduan Pelayanan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka. Merdeka Belajar-Kampus Merdeka, 1-33 http://dikti.kemendikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/buku-panduan-merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020
Sulistyorini,Sri, Parmin, (2016) Penguatan Kompetensi Berimbang Melalui Pengembangan Model Mengintegrasikan Selft Assesment dalam Implementasi Kurikulum 2013
Sulistyanto Amin. Suranto, Agus Marimin,(2022). Program Magang Wirausaha Merdeka
Suryaman, M. (2020) Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. Seminar Nasioanal Pendidikan Bahasa Dan Sastra. 1(1), 13-28. https://doi.org/10.32884/idieas.v7i3.401
Suwandi, S. (2020). Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Reponsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan pembelajaran Abad ke-21, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra 1(1), 1-2.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Maulidyah Indira Hasmarini, Hulda Ade Saputra

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.