Penyuluhan Pemasaran Digital di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.236Kata Kunci:
Pemasaran Digital, Penjualan, Produk, PromosiAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian untuk memberikan tambahan pemahaman dan pengetahuan terkait pemasaran digital supaya pelaku usaha dapat memanfaatkan pemasaran digital sebagai media promosi dan penjualan. Pemasaran digital dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan dari HP Android melalui aplikasi whatsapp, Instagram, facebook dan e-commerce. Selain itu, pemasaran digital juga perlu didukung oleh aspek seperti desain, kualitas, branding, dan kemasan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta dalam meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta tentang pemasaran digital.
Referensi
Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293
Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Manajemen Bisnis, 17(3), 317–325. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023
Argaditia Mawadati, Ustyannie, W., Sulistyaningsih, E., Agus Hindarto Wibowo, Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, & Endang Widuri Asih. (2022). Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business Bagi UMKM. Dharma Bakti, 5(2), 203–211. https://doi.org/10.34151/dharma.v5i2.4043
Bhegawati, D. A. S., Ribek, P. K., & Verawati, Y. (2022). Pembangunan Ekonomi di Indonesia Melalui Peran Kewirausahaan. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 21–26.
Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.
Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 566–577.
Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267
Deyantara, R., & Zawawi, Z. (2023). Pendampingan Branding dan Digital Marketing Pada UMKM Kelurahan Tlumpu, Kota Blitar. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 161–168. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1360
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
Fuadah, A. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Desa Lemahkarya Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1375–1381.
Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188
Kamil, I., Ady Bakri, A., Salingkat, S., & Pabisangan Tahirs, J. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce UMKM Assistance through the Utilization of Digital Marketing on the e-Commerce Platform. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.2782
Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.
Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah
Mardalis, A., Nuryulia, A., Kurniawan, Y. I., & Murwanti, S. (2019). Peningkatan Pemasaran dan Promosi di Pondok Pesantren Tanwirul Fikr. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, 1(1), 1-14.
Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25
Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673
Panigoro, N. (2023). Optimalisasi Daya Jual UMKM Melalui Pemasaran Gigital di Desa Botubarani. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(2), 129–133. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v2i2.66
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Rachmawati, D., Ramadhani, N., & Aulia Komarullah, T. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing bagi UMKM di Desa Ujung Genteng. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29), 89–104. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/366
Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas
Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi UMKM Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 1–15.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Niken Permata Sari
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.