Penyuluhan Pemasaran Digital di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta

Penulis

  • Niken Permata Sari Kewirausahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Widya Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.236

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Penjualan, Produk, Promosi

Abstrak

Kegiatan pengabdian kepada masyarat ini dilaksanakan dengan memberikan penyuluhan kepada pelaku UMKM di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Tujuan pelaksanaan kegiatan pengabdian untuk memberikan tambahan pemahaman dan pengetahuan terkait pemasaran digital supaya pelaku usaha dapat memanfaatkan pemasaran digital sebagai media promosi dan penjualan. Pemasaran digital dapat dilakukan dengan memanfaatkan kemudahan dari HP Android melalui aplikasi whatsapp, Instagram, facebook dan e-commerce. Selain itu, pemasaran digital juga perlu didukung oleh aspek seperti desain, kualitas, branding, dan kemasan. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta dalam meningkatkan pemahaman para pelaku UMKM di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta tentang pemasaran digital.

Referensi

Akhmad, K. A., & Purnomo, S. (2021). Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Surakarta. Sebatik, 25(1), 234–240. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1293

Alwendi, A. (2020). Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Manajemen Bisnis, 17(3), 317–325. http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/

Annur, C. M. (2023). Pengguna Internet di Indonesia Tembus 213 Juta Orang hingga Awal 2023. Databoks.Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/20/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-213-juta-orang-hingga-awal-2023

Argaditia Mawadati, Ustyannie, W., Sulistyaningsih, E., Agus Hindarto Wibowo, Kartinasari Ayuhikmatin Sekarjati, & Endang Widuri Asih. (2022). Strategi Pemasaran Produk Dengan Whatsapp Business Bagi UMKM. Dharma Bakti, 5(2), 203–211. https://doi.org/10.34151/dharma.v5i2.4043

Bhegawati, D. A. S., Ribek, P. K., & Verawati, Y. (2022). Pembangunan Ekonomi di Indonesia Melalui Peran Kewirausahaan. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 21–26.

Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II), 116–123.

Dewi, N. P. N. C., & Nasution, D. A. D. (2023). Pentingnya Penerapan E-Commerce Bagi UMKM Sebagai Salah Satu Bentuk Pemasaran Digital Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pijar Studi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 566–577.

Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan Penguatan UMKM Desa Kenongo Melalui Branding dan Legalitas Produk Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101. https://doi.org/10.32528/jpmi.v7i1.5267

Deyantara, R., & Zawawi, Z. (2023). Pendampingan Branding dan Digital Marketing Pada UMKM Kelurahan Tlumpu, Kota Blitar. Cakrawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Global, 2(3), 161–168. https://doi.org/https://doi.org/10.30640/cakrawala.v2i3.1360

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Fuadah, A. (2018). Pemanfaatan E-Commerce Dalam Meningkatkan Pemasaran UMKM Desa Lemahkarya Kecamatan Tempuran Kabupaten Karawang. Abdima Jurnal Pengabdian Mahasiswa, 2(1), 1375–1381.

Irawan, D., & Affan, M. W. (2020). Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (Janayu), 1(1), 32–36. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i1.11188

Kamil, I., Ady Bakri, A., Salingkat, S., & Pabisangan Tahirs, J. (2022). Pendampingan UMKM melalui Pemanfaatan Digital Marketing pada Platform E-Commerce UMKM Assistance through the Utilization of Digital Marketing on the e-Commerce Platform. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 517–526. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.2782

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran (13 Jilid 1). Penerbit Erlangga.

Limanseto, H. (2022). Perkembangan UMKM sebagai Critical Engine Perekonomian Nasional Terus Mendapatkan Dukungan Pemerintah. Ekon.Go.Id. https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4593/perkembangan-umkm-sebagai-critical-engine-perekonomian-nasional-terus-mendapatkan-dukungan-pemerintah

Mardalis, A., Nuryulia, A., Kurniawan, Y. I., & Murwanti, S. (2019). Peningkatan Pemasaran dan Promosi di Pondok Pesantren Tanwirul Fikr. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, 1(1), 1-14.

Mukhsin. (2019). Manfaat Penerapan Marketing Online (Menggunakan E-Commerce Dan Media Sosial) Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm). Teknokom, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.31943/teknokom.v2i1.25

Nazhif, M. N., & Nugraha, I. (2023). Branding UMKM Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Ecoprint Andin Collection. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(1), 261. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i1.12673

Panigoro, N. (2023). Optimalisasi Daya Jual UMKM Melalui Pemasaran Gigital di Desa Botubarani. Mopolayio : Jurnal Pengabdian Ekonomi, 2(2), 129–133. https://doi.org/10.37479/mopolayio.v2i2.66

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950

Rachmawati, D., Ramadhani, N., & Aulia Komarullah, T. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing bagi UMKM di Desa Ujung Genteng. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29), 89–104. https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/366

Saifulloh, M. (2021). Branding Product Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah Kuningan Barat Jakarta Selatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 1(1), 28–33. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/dianmas

Siagian, A. O. (2021). Strategi Pemasaran E-Commerce Bagi UMKM Indonesia Untuk Meningkatkan Perekonomian Indonesia. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 1–15.

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Diterbitkan

13-12-2023

Cara Mengutip

Sari, N. P. . (2023). Penyuluhan Pemasaran Digital di Kelurahan Gadingharjo, Sanden, Bantul, Yogyakarta. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 349–356. https://doi.org/10.54082/ijpm.236