Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Pariwisata di Pantai Kalora Kelurahaan Toari Provinsi Sulawesi Tenggara

Penulis

  • Siti Maratus Cholehah Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia
  • Fairudin Fairudin Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia
  • Deslin Deslin Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia
  • Firman Firman Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia
  • Muhammad Syaiful Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia
  • Sapriyadi Sapriyadi Program Studi Ekonomi Pembangunan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas SembilanBelas November Kolaka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.235

Kata Kunci:

Media Sosial, Promosi, Pariwisata, Pantai

Abstrak

Dibalik keindahannya, pantai kalora masih menghadapi masalah yaitu kurangnya promosi dengan menggunakan media sosial.Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode observasi.Adapun yang di maksud metode observasi adalah cara terjun langsung untuk mengamati penyebab kurangnya promosi dengan banyaknya media sosial yang digunakan.Beberapa tim pengabdi dan pengelola pantai mencoba melakukan survey lokasi.Tim pengabdi mendapatkan penyebab kurangnya promosi di tempat tersebut seperti banyak sampah itu yang menyebabkan kurangnya wisatawan sehingga perlu pembersihan sebelum melakukan promosi tersebut.Saran selanjutnya agar lebih menggunakan media sosial untuk bahan promosi menarik minat wisatawan.

Referensi

Atiko, G., Hasanah Sudrajat, R., & Nasionalita, K. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial Oleh Kementrian Pariwisata Ri (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 378–389.

Mulyadi, S., Basuki, A. M. H., & Prabowo, H. (2019). Metode Penelitian Kualitatif dan Mixed Method. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rizky, N., & Dewi Setiawati, S. (2020). Penggunaan Media Sosial Instagram Haloa Cafe sebagai Komunikasi Pemasaran Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(2), 177–190.

Sarastuti, D. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Online Produk Busana Muslim Queenova. Jurnal Visi Komunikasi, 16(01), 35.

Dinda Sekar Puspitarini,Reni Nuraeni (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi . Jurnal Common,3(1), 71-80,2019.

E Trihayuningtyas,W Wulandari,Y Adriani,S Sarasvati (2018) . Media sosial sebagai sarana informasi dan promosi pariwisata bagi generasi Z di Kabupaten Garut. Tourism Scientific Journal 4(1),1-22,2018.

Mardalis, A., Nuryulia, A., Kurniawan, Y. I., & Murwanti, S. (2019). Peningkatan Pemasaran dan Promosi di Pondok Pesantren Tanwirul Fikr. Jurnal Pesut: Pengabdian untuk Kesejahteraan Umat, 1(1), 1-14.

Nursyah Asri Sjafirah,Efi Fadillah,Achmad Abdul Basith(2018) . Pelatihan pemanfaatan media sosial untuk promosi pariwisata dan potensi kearifan lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut,Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (12),990-991,2018.

Yudha Eka Nugraha,Kresna Dami (2021) . Upaya Promosi Pariwisata Pantai Liman Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Pada Akun Intagram pantailimansemau). Journal of tourismpreneurship,culinary,hospitality, Convention and Event Menegement 4(1), 169-194,2021

Nana Sutisna Amdan, Muhammad Ihsan Alifi, Muhaemin, Aditya Ramadhan Maulia . Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekejing. Jurnal Pengabdian Masyarakat 7 (1) ,72-79,2022

Ahmad Andhika Penggunaan video promosi wisata melalui YouTube untuk meningkatkan daya Tarik wisatawan ke Provinsi Kalimantan Selamat. Jurnal I

Azwar Azwar, Destiarini Destiarini,Maria Lucia,Eka Rizki meiwinda,Joko Kuswanto,Eriana. Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Desa Battu Winangun.

Syakila,S,Rasnawati,R.,Miftahuddin.,M.,Awaluddin.,A.,Selfidani.,S.,Ramadani.,I.,M.,Wakiya,N.,Risaldi,M.,R.,Andi.,Kartomo.,K& Syaiful.,M(2022). Pengelolaan Kebersihan Pesisir Laut Sebagai Penunjang Daya Tarik Wisata Kecamatan Watubangga. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia,2(4), 497-501.htttps://doi.org/10.52436/1.jpmi.701.

Selviana.,I.,Azyafarina.,D.,Alfiansyah.,A.,A.,Kurniasi.,I.,& Ayu.,S.(2022) Sosialisai Dan Gerakan Bersih Pantai Sebagai Upaya Penanganan Kebersihan Pantai Di Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka.2(4),497-501.

Enry.,J.,Musdalifa.,M.,Indah.,A.,P.,Rahmat.,J.(2023) Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Kebersihan Melalui Penyediaan Sarana Tempat Sampah di Pantai Ayu Lestari Kabupaten Kolaka,Sulawesi Tenggara.

Diterbitkan

13-12-2023

Cara Mengutip

Cholehah, S. M., Fairudin, F., Deslin, D., Firman, F., Syaiful, M. ., & Sapriyadi, S. (2023). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Promosi Pariwisata di Pantai Kalora Kelurahaan Toari Provinsi Sulawesi Tenggara . Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 409–414. https://doi.org/10.54082/ijpm.235