Penerapan Profil Bisnis Google untuk Meningkatkan Visibilitas Online UMKM Kerang Celebes
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.210Kata Kunci:
Google Maps, Kerang Celebes, Pemasaran Digital, Profil Bisnis GoogleAbstrak
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini melibatkan 1 mitra UMKM, yaitu Rumah Makan Kerang Celebes. Permasalahan mitra adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan mitra dalam memasarkan dan membangun hubungan dengan pelanggan secara online serta lokasi usaha/nama bisnis belum terdaftar dan terverifikasi secara digital di internet. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membantu UMKM Kerang Celebes lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan secara online dan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah metode mediasi dan pelatihan. Hasil kegiatan ini adalah lokasi usaha mitra telah berhasil terdaftar dan terverifikasi pada Google Maps yang terintegrasi dengan Akun Profil Bisnis Google mitra. Hal tersebut memudahkan mitra dalam melakukan pengeditan informasi bisnis di Profil Bisnis Google yang relevan dengan usahanya. Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberi dampak peningkatkan pelanggan yang dapat mendatangkan keuntungan usaha bagi mitra.
Referensi
Manu, G. A., & Fallo, D. (2019). Implementasi Google My Business (Gmb) Dalam Promosi Pariwisata Di Kota Kupang Dan Sekitarnya. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(2), 8-15. doi: 10.37792/jukanti.v2i2.69.
Husain, T. K., & Amran, F. D. (2019). EFEKTIVITAS PEMASARAN PRODUK COKELAT MAKALATE MELALUI SMS BROADCAST (Studi Kasus pada CV. Kasih dan Sayang). Wiratani: Jurnal Ilmiah Agribisnis, 2(1). doi: 10.33096/wiratani.v2i1.35.
Muthmainna, A. (2020). Penerapan Framework Boostrap pada Sistem Informasi Tempat Kuliner Khas Makassar Berbasis Android. Journal of Embedded Systems, Security and Intelligent Systems, 1(1), 17-23.
Wahyuni, S., Mutiara, I. A., & Arifin, J. (2022). Strategi Petani Tambak dalam Mengembangkan Kuliner Tiram di Kabupaten Barru. IJESD: International Journal of Education Social and Development, 1(1), 73-82.
Google Trends. (2023). “Hasil Penelusuran Terkait Pencarian Kata Kunci Kerang Tiram Berdasarkan Minat Seiring Waktu dan Sub Wilayah,” https://trends.google.co.id/trends/explore?geo=ID&q=kerang tiram&hl=id . Diakses 20 Maret 2023.
Wulandari, A., Suryawardani, B., Marcelino, D., Satrya, G. B., & Febrianta, M. Y. (2022). Online Marketing Education and Application Development for MSMEs in Buah Batu District Bandung. Jurnal Penyuluhan, 18(02), 185-195.
Irfani, H., Yeni, F., & Wahyuni, R. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 651-659.
Rohmah, A. N., & Hera, H. (2022). Pemanfaatan Google My Business Sebagai Media Digital Marketing Pada Bukuan Fried Chicken. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 37-42.
Yuliani, N., & Novita, D. (2022). Pemanfaatan Google Bisnisku Sebagai Upaya Meningkatkan Rangking Bisnis Lokal (Studi Kasus: UMKM Gresik, Jawa Timur). IKRA-ITH ABDIMAS, 5(1), 138-145.
Widiawati, K., & Yuliani, T. (2022). Strategi Pemasaran Melalui Google Bisnisku Dengan SEO Untuk Meningkatkan Penjualan Spandek. Jurnal Administrasi Kantor, 10, 276-294.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tsalis Kurniawan Husain, Anwar Robbo, Andi Azrarul Amri, Rismaladewi Maskar
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.