Implementasi Gerakan “Bumi Sehat, Kita Kuat” untuk Anak Usia Dini di Daerah Plered, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat

Penulis

  • Anggita Suria Fatimah Program Studi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Cisca Corona Program Studi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Ghinaa Salsabila Zulya Program Studi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Latifa Azhar Program Studi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yosifa Qolbi Noor Program Studi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.209

Kata Kunci:

Lingkungan, Sampah, Sehat

Abstrak

Tanpa kita sadari lingkungan sehat bukan hanya lingkungan yang bebas dari sampah namun, udara yang tidak tercemar, kualitas kesehatan masyarakat, masyarakat yang mampu bekerja secara produktif untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarganya. Kesehatan adalah hak dasar setiap individu dan penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Lingkungan sehat memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Oleh karena itu, kami menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang bernama “Bumi Sehat, Kita Kuat”. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk mengedukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, memberikan pengetahuan tentang makanan yang sehat kepada anak usia dini yang berada di daerah Plered, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat. Dalam kegiatan pengabdian ini ada beberapa tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu, tahap pengenalan dan pelaksanaan kegiatan inti operasi semut, tahap kegiatan inti mendaur ulang sampah, kegiatan inti bercocok tanam (meliputi proses menanam sampai panen), dan tahap kegiatan inti berkreasi membuat cemilan berbahan dasar sayur serta penutupan. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini, menunjukkan bahwa perubahan sikap terjadi pada anak yaitu meningkatnya kesadaran peduli terhadap lingkungan, anak mulai terbiasa untuk mengonsumsi makanan sehat yaitu sayuran yang baik bagi tumbuh kembang anak, dan kegiatan ini juga dapat mempengaruhi perkembangan sosial anak.

Referensi

Arisona, R. D. (2018) ‘Pengelolaan Sampah 3R (Reduce, Reuse, Recycle) Pada Pembelajaran IPS Untuk Menumbuhkan Karakter Peduli Lingkungan’, Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), pp. 39-51.

Effendi, R., Salsabila, H., & Malik, A. (2018) ‘Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan’, Modul, 18(2), pp. 75-82, doi: 10.14710/mdl.18.2.2018.75-82.

Ginting, T. D. (2019) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Melalui Kegiatan Bercocok Tanaman Kangkung Di Tk Aisyiyah Bustanul Athfal 17 Kecamatan Medan Timur ‘ (Doctoral dissertation).

Handayani, K. (2016) ‘Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok B Melalui Teknik Mozaik Di Tk Dharma Wanita Tunas Harapan Bangsa Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2015/2016’.

Hapsari, D., Sari, P., & Pradono, J. (2009) ‘Pengaruh Lingkungan Sehat, dan Perilaku Hidup Sehat Terhadap Status Kesehatan’, National Institute of Health Research and Development, Indonesian Ministry of Health.

Ihsani, I., & Santoso, M. B. (2020) ‘Edukasi Sanitasi Lingkungan Dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikmalaya’, Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), pp. 289.

Mulyana, R. (2009) ‘Penanaman etika lingkungan melalui sekolah perduli dan berbudaya Lingkungan’, Jurnal Tabularasa, 6(2), pp. 175-180. Prihastuti, R. (2020) ‘Pengaruh Kegiatan Menanam Biji Kacang Hijau Terhadap Kemampuan

Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Insan Kamila Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo’, Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya).

Sanda, Y., & Pawarangan, I. (2018) ‘Kesadaran Masyarakat Terhadap Sampah dan Kebersihan Lingkungan’, Prosiding Semkaristek, 1(1).

Setiawati, G. A. D., & Ekayanti, N. W. (2021) ‘Bermain Sains Sebagai Metode yang Efektif dalam Pembelajaran Sains untuk Anak Usia Dini’, Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), pp. 126-136.

Siregar, P. A. (2022) ‘Upaya Pembiasaan Membuang Sampah Pada Tempatnya Untuk Melatih Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun’, (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Wati, U. K., & Rakhmawati, E. (2016) ‘Meningkatkan Motorik Halus Melalui Kegiatan Memasak Pada Siswa Kelompok B TK Kartika III-41 Demak Tahun Ajaran 2015/2016’, PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).

Yadnyawati, I. A. G., Winarti, N. N. S., Seniwati, D., Ngurah, I. G. A., & Surawati, N. M. (2023) ‘Peranan Keluarga Menciptakan Lingkungan Sehat Bagi Anak’, Jurnal widya Biologi, pp. 91-102.

Diterbitkan

12-11-2023

Cara Mengutip

Fatimah, A. S., Corona, C., Zulya, G. S., Azhar, L., & Noor, Y. Q. (2023). Implementasi Gerakan “Bumi Sehat, Kita Kuat” untuk Anak Usia Dini di Daerah Plered, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat . Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 295–302. https://doi.org/10.54082/ijpm.209