Pembuatan Strategi Destinasi Branding untuk Optimalisasi Potensi Lokal di Kecamatan Jatigede, Sumedang
DOI:
https://doi.org/10.54082/ijpm.201Kata Kunci:
Destinasi Branding, Destinasi Wisata, Media Sosial, Potensi LokalAbstrak
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan fokus utama pada pembuatan strategi destinasi branding telah berhasil dilaksanakan di empat desa di Kecamatan Jatigede, Sumedang. Ini merupakan respons terhadap tuntutan industri pariwisata modern yang memerlukan diferensiasi dan identitas kuat bagi setiap destinasi untuk dapat bersaing di pasar global. Melalui pendekatan ceramah, diskusi, dan pendampingan intensif dalam pembuatan proposal, peserta yang berasal dari Desa Karedok, Desa Kadujaya, Desa Jemah, dan Desa Cijeungjing diberikan pengetahuan dan keterampilan esensial tentang bagaimana menggali, mengartikulasikan, dan mempromosikan keunikan serta potensi dari desa masing-masing. Hasil dari kegiatan ini bukan hanya sebatas pemahaman teoritis. Peserta berhasil merumuskan konsep-konsep awal strategi branding yang terintegrasi dengan kearifan lokal, tradisi, serta potensi alam dan budaya setempat. Keberhasilan ini menandai langkah awal penting dalam perjalanan panjang transformasi destinasi wisata di keempat desa tersebut. Kesimpulannya, kegiatan PKM ini menegaskan bahwa dengan pendidikan, pelatihan, dan pendampingan yang tepat, desa-desa di Kecamatan Jatigede memiliki potensi untuk mengembangkan diri menjadi destinasi wisata unggulan yang mampu menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun internasional, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata.
Referensi
Atmadi, G., & Widati, S. R. W. (2013). Strategi Pemilihan Media Komunikasi LPPOM MUI Dalam Sosialisasi & Promosi Produk Halal di Indonesia. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI PRANATA SOSIAL, 2(2), 87–97.
Barata, I. G., Dektisa, A., & Arini, B. D. (2015). Perancangan destination branding wisata alam kabupaten Karanganyar Jawa Tengah. Jurnal DKV Adiwarna, 1(6), 1–11.
Bawanti, A. (2016). ANALISIS CITY BRANDING DALAM PENGEMBANGAN DESTINASI PARIWISATA KABUPATEN JAYAPURA. Jurnal Media Wisata, 14(1), 365–381.
Hamzah, Y. I., Penelitian, P., Pengembangan, D., Kepariwisataan, K., Pariwisata, K., & Kreatif, D. E. (2013). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia. Jurnal Kepariwisataan Indonesia, 8(3), 1–9.
Hariyanto, O. I. B. (2017). Membangun karakter sadar wisata masyarakat di destinasi melalui kearifan lokal Sunda. Jurnal Pariwisata, IV(1), 32–39.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management (11th ed., Vol. 11). Prentice Hall .
Priyatmoko, R. (2016). TINGKAT KESADARAN PRAMUWISATA TERHADAP BRANDING WONDERFUL INDONESIA DAN PESONA INDONESIA. Jurnal Destinasi Kepariwisataan Indonesia, 1(1).
Purwaningwulan, M. M. (2017). Strategi Public Relations Industri Islamic Fashion Indonesia dalam Membentuk Branding Cantik Islami. In S. Dida, P. Subekti, S. Lukman, R. Dewi, & F. A. A. Prastowo (Eds.), Public Relations and Branding (pp. 56–70). Unpad Press.
Rachmad, T. H. (2017). Strategi Branding Wisata Syariah Pulau Madura. Jurnal Commed, 1(2), 121–141.
Subekti, P., Hafiar, H., & Bakti, I. (2020). Penggunaan Instagram oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah untuk mengoptimalkan destination branding Pangandaran. Profesi Humas, 4(2), 45363.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosdakarya.
Tkalac Verčič, A., & Sinčić Ćorić, D. (2018). The relationship between reputation, employer branding and corporate social responsibility. Public Relations Review, 44(4), 444–452. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2018.06.005
Wijaya, S. W. (2016). Media Sosial bagi Desa Wisata : Sebuah Kajian Konseptual. Media Teknika Jurnal Teknologi, 11(1), 55–59.
Wulandari, T. (2013). Analisis Place Branding untuk Meningkatkan Citra Kabupaten Purwakarta serta Implikasinya terhadap Keputusan Mengunjungi Destinasi Pariwisata. Jurnal Ilmu Manajemen & Bisnis, 04(01), 1–12.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Priyo Subekti, Trie Damayanti, Feliza Zubair, Susie Perbawasari, Renata Anisa, FX Ari Agung Prastowo

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.



