Pengembangan Business Model Canvas untuk Penguatan Bisnis di UMKM De Thela Moyudan Sleman

Penulis

  • Rubiyatno Rubiyatno Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Theodorus Sutadi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Christina Heti Tri Rahmawati Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia
  • Florentinus Nugro Hardianto Program Studi Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.154

Kata Kunci:

Business Model Canvas, Kewirausahaan, Pendampingan, Singkong, UMKM

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkuat atau mempertajam ide bisnis dan pengembangan bisnis UMKM De Thela. Kegiatan ini berupa pendampingan pada mitra dalam pengembangan Business Model Canvas (BMC) sehingga pemilik UMKM De Thela dapat review dari proses bisnis UMKM De Thela. Kegiatan ini sangat melibatkan pemilik sehingga tim terbantu dalam pendampingan sehingga dapat mengembangkan business model canvas UMKM De Thela yang menggambarkan proses bisnis yang sesuai realita. Hasil kegiatan ini, UMKM De Thela mempunyai business model canvas untuk dapat digunakan memperkuat bisnis UMKM De Thela terutama terkait pemasaran produk, yang diharapkan meningkatkan pendapatan dan menjaga keberlangsungan usahanya pada masa setelah pandemi covid-19. Kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut sehingga UMKM De Thela lebih berkembang di masa yang akan datang, terutama terkait dengan pendampingan pemasaran.

Referensi

Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian. (2011). Inovasi Pengolahan Singkong Meningkatkan Pendapatan dan Diversifikasi Pangan. Agro Inovasi, 4(3404), 1-5.

Hapsari, I. M. (2014). Identifikasi Berbagai Permasalahan yang Dihadapi oleh UMKM dan Peninjauan Kembali Regulasi UKM sebagai Langkah Awal Revitalisasi UKM. Jurnal PERMANA, 5(2).

Hong, Y Ching dan Clemens, Fauvel, 2013 Criticisms, Variations And Experiences With Business Model Canvas, European Centre for Research Training and Development UK (www.ea-journals.org), European Journal of Agriculture and Forestry Research Vol.1. No.2, pp. 26 -37, December 2013

Osterwalder, A., Pigneur, Y., & Clark, T. (2010). Business Model Generation: a Handbook for visionaries, Game Changers, and Challengers, Wiley, Hoboken, NJ.

Rahayu, W., Anam, C. & Riptanti, E. W. (2018). Peningkatan Usaha Keripik Singkong Rasa Gadung Menuju UKM Yang Berdaya Saing. Inoteks, 22(1), 34-40.

Sansa, N.A. (2020). The Impact of the Covid-19 on the Financial Markets: Evidence from China and USA. Electronic Research Journal of Social Sciences and Humanities, 2(2), 2706-8242.

Sarlan, M. (2016). Analisis Nilai Tambah Ubi Kayu sebagai Bahan Baku Keripik Singkong di Kecamatan Labuhan Haji Kabupaten Lombok Timur (Kasus Agroindustri Keripik Singkong KUB Wanita Sejahtera). Jurnal Ilmiah Rinjani, 3(1), 116-128.

Ullah, I., Ali, M., & Farooqi, A. (2010). Chemical and Nutritional Properties of Some Maize (Zea mays L.) Varieties Grown in NWFP, Pakistan. Pakistan Journal of Nutrition, 1113-1117.

Winarsih, M. I. & Fuad, K. (2020). Impact of Covid-19 on Digital Transformation and Sustainability in Small and Medium Enterprises (SMEs): A Conceptual Framework. Proceeding of the 14th International Conference on Complex, Intelligent and Software Intensive Systems (CISIS 2020), 471-476.

Diterbitkan

04-10-2023

Cara Mengutip

Rubiyatno, R., Sutadi, T. ., Rahmawati, C. H. T. ., & Hardianto, F. N. (2023). Pengembangan Business Model Canvas untuk Penguatan Bisnis di UMKM De Thela Moyudan Sleman. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 245–252. https://doi.org/10.54082/ijpm.154