Upaya Peningkatan Literasi, Numerasi, serta Adaptasi Teknologi pada SMP PGRI Gunungsari

Penulis

  • Muhammad Yusuf Saputra Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia
  • Dwi Novi Sulisawati Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Argopuro Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.147

Kata Kunci:

Kampus Mengajar, Kualitas Pendidikan, Literasi, Numerasi, Program

Abstrak

Belum meratanya pendidikan di Indonesia sebagai salah satu yang menyebabkan kualitas pendidikan menurun, Penyebab tersebut sangat terdampak pada sekolah yang terletak pada 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dengan tenaga pengajar yang minim, penggunaan media pembelajaran yang minim juga, yang mengakibatkan ketimpangan kualitas pendidikan. Salah satu upaya mahasiswa dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui program Kampus Merdeka yaitu Kampus Mengajar yang bertujuan untuk meningkatkan literasi, numerasi siswa, serta penggunaan teknologi dalam belajar pada sekolah yang berlokasi pada 3T. Demikian sekolah terbantu dengan adanya mahasiswa. Upaya mahasiswa dalam meningkatkan literasi numerasi siswa yaitu melaui program dengan konsep permainan sederhana dan kegiatan pembiasaan. Melaui permainan sederhana dapat lebih memotivasi siswa dalam belajar. Kampus mengajar tidak hanya menguntungkan bagi sekolah mahasiswa dapat belajar langsung tentang pendidikan dan terus berkreasi akan program dan media yang akan diapakai.

Referensi

Anwar, R.N. (2021) ‘Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(1), pp. 210–219. Available at: https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.221.

Fitriana, E. and Ridlwan, M.K. (2018) ‘Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar’, pp. 1284–1291.

Fitri, S.F.N. (2021) ‘Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), pp. 1617–1620.

Raehang (2014) ‘Pembelajaran Aktif Sebagai Induk Pembelajaran Kooperatif’, Jurnal Al-Ta’dib, 7(1), pp. 149–167. Available at: ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/249/239.

Sopiansyah, D. et al. (2022) ‘Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka )’, 4(14), pp. 171–178.

Sutanto, S.H. and Lugito, D. (2021) ‘Membangun Karakter Anak Melalui Kebiasaan Membaca’, Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 4, pp. 814–818. Available at: https://doi.org/10.37695/pkmcsr.v4i0.1121.

Widodo, H. (2016) ‘Potret Pendidikan Di Indonesia Dan Kesiapannya Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia (Mea)’, Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), p. 293. Available at: https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.250.

Wirabumi, R. (2020) ‘Metode pembelajaran ceramah’, Annual Conference on Islamic Education and Thought, I(I), pp. 105–113.

Wulandari, H., Komariah, K. and Nabilla, W. (2022) ‘Pengembangan Media Kartu Domino untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini’, Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), pp. 78–89. Available at: https://doi.org/10.37985/murhum.v3i1.91.

Diterbitkan

04-10-2023

Cara Mengutip

Saputra, M. Y. ., & Sulisawati, D. N. . (2023). Upaya Peningkatan Literasi, Numerasi, serta Adaptasi Teknologi pada SMP PGRI Gunungsari. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 233–240. https://doi.org/10.54082/ijpm.147