Pelatihan Penjualan secara Online untuk Memaksimalkan dan Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Gandasari Provinsi Banten

Penulis

  • Ladika Ladika Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Syekh Yusuf, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.128

Kata Kunci:

Bisnis, Media-Sosial, Pelatihan, UMKM

Abstrak

Pandemi COVID-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian, pendidikan, dan kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Hal ini berimbas kepada para pelaku usaha yang menjajakan produknya secara offline, banyak sekali pebisnis UMKM yang berjualan secara offline mengalami kerugian. Perlu adanya pelatihan tentang penggunaan media online sebagai instrumen promosi dan pemasaran serta proses penjualan menggunakan media sosial (secara online). Kegiatan pelatihan ini dilakukan di kelurahan Gandasari Kecamatan jatiuwung Kota Tangerang Provinsi Banten dan dilaukan dalam beberapa tahap, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap evaluasi dan tahap monitoring yang diharapkan dapat digunakan secara langsung oleh peserta. Hasil dari pelatihan ini peserta yang mengikuti pelatihan ini terdapat 24 peserta. Hasil pelatihan ini berupa kemampuan soft skill yang diperoleh oleh peserta untuk membuat sebuah promosi untuk menjualkan produknya secara online, startegi untuk bersaing secara kompetitif dan yang paling utama dalah dapat mendesain yang menarik baik dari kemasan, konsep bisnis dan juga tampilan pada sosial medianya yang diharapkan dapat mendapatkan pasar yang banyak. Dan juga dilakukan pelatihan dalam mengelola keuangan dalam jual beli secara online agar hasil yang didapat jauh lebih maskimal.

Referensi

Ahmad. Ikwahn , et al.(2023). ‘Penerapan pemasaran digital pada pengrajin berbahan pelapah alama desa murtigading yogyakarta’ Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI). Vol. 3, No. 3Juni 2023, Hal. 321-327

Dewi Harnika.(2022).’Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang’. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa Vol. 3 No. 1 Desember 2022 Hal: 9 - 17

Diah. Ayu. (2020). Strategi Penjualan Online Bagi Pelaku Usaha Pasca Pandemi COVID-19 Berdasarkan Pemetaan Perubahan Perilaku Konsumen. E-Journal UAJY. Engineering manajement

Michael, et al (2023). Analisis Dalam Meningkatkan Strategi Penjualan Online Produk Styrofoam ETNIK: Jurnal Ekonomi - Teknik, 2023 volume 2 Issue No 3, Pages 239

Taufiq, M., & Natasah, N. A. (2019). Analisis Pengaruh Nilai Tukar Terhadap Ekspor Komoditas Unggulan Indonesia. JDEP (Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan), 2(1), 39–43.Thomas, W., Scarborough, N. M., & Wilson, D. (2008). Essentials of entrepreneurship and small business management.Wexley, K. N., & Latham, G. P. (1991). Developing and training human resources in organizations. Harper Collins Publishers.

Zaniraqi, et al. (2023). ‘Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Inovasi dan Kreativitas di Desa Gugul Kecamatan Tlanakan Kabupaten Pamekasan’ Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia (JPMI). Vol. 3, No. 3Juni 2023, Hal. 359-367

Diterbitkan

04-08-2023

Cara Mengutip

Ladika, L. (2023). Pelatihan Penjualan secara Online untuk Memaksimalkan dan Meningkatkan UMKM di Masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Gandasari Provinsi Banten. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.54082/ijpm.128