Sosialisasi Rangkaian Gerak Dryland Swimming Workout kepada Atlet Renang GAC dan DAC sebagai Peningkatan Kondisi Fisik Dominan Olahraga Renang dan Opsi Latihan Renang di Darat

Penulis

  • Abdul Narlan Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Ari Priana Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Ridwan Gumilar Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia
  • Arif Abdul Malik Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54082/ijpm.114

Kata Kunci:

Dryland, Pandemi, Swimming, Workout

Abstrak

Pada masa pandemi, penutupan fasilitas umum termasuk kolam renang menjadi masalah yang kompleks bagi perkembangan olahraga renang karena latihan renang khususnya di Indonesia masih menggunakan fasilitas umum sehingga tidak bisa lagi melakukan olahraga renang seperti biasanya. Pennulis yang juga pelatih di salah satu klub renang, dituntut untuk memberikan solusi atas permasalahan tersebut. Latihan Renang di darat atau dryland dibuat dan dikembangkan untuk menciptakan rangkaian gerak untuk latihan kondisi fisik yang dominan pada olahraga renang yang dilakukan di darat dan dipadukan dengan gerakan renang secara keseluruhan sebagai pilihan latihan renang jika harus dilakukan di darat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan sosialisasi. Hasil pengabdian ini berupa Rangkaian Latihan Renang Dryland untuk latihan kondisi fisik yang dominan dalam renang dibuat dalam bentuk video yang didalamnya terdapat rangkaian gerak, petunjuk, dan alat yang dapat digunakan untuk melakukan Latihan Renang Dryland sebagai opsi latihan renang di darat. Kesimpulannya Dryland Swimming Workout bisa dijadikan alternatif solusi sebgaia bentuk latihan yang dapat dilakukan di darat yang bisa meningkatkan kondisi fisik dominan yang dibutuhkan dalam olahraga renang diantaranya untuk meningkatkan VO2Max.

Referensi

Christin, M., H. D., & R. A. (2021). Konstruksi Realitas Sosial Atas Physical Distancing Selama Pandemi COVID-19 . Jurnal Komunikasi, 13(1), 1–19.

Covid19.go.id

Kravitz, L. (2014). Metabolic Effects of HIIT, Interior Design Educators Association (IDEA), 11, (5). https://www.unm.edu/~lkravitz/Article%20folder/metabolicEffectsHIIT.html

Harsono. (2018). Kepelatihan Olahraga (3rd ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Hellen, C. (2012). Dry Land Training for the Development Club Swimmer. Journal of International Swimming, 16(2), 28–35.

Klika, B. C. S. C. S., & J. C. M. S.,. (2013). High-Intensity Circuit Training Using Body Weight Maximum Results With Minimal Investment. Health & Fitness Journal, 17(3), 8–13.

Kopyto, Agata., G., at al. (2021). Effectiveness of the Power and Speed Dryland Training in Female Swimmers Aged 15–16. Journal of Acta of Bioengineering and Biomechanics, 23 (2): 13-20, http://www.actabio.pwr.wroc.pl/Vol23 No2/22.pdf.

Narlan, A., P. A., & D. Y. S. (2020). Permainan Tradisional Elengan Meningkatkan Kecepatan Under Water Renang Gaya Kupu-Kupu. Riyadhoh, 3(1), 13–21

Nugraha, A. R., Berawi, K. N., Pengaruh High Intensity Interval Training terhadap Kebugaran Kardiorespirasi. Medical Journal of Lampung University, 6 (1): 1-5, https://juke.kedokteran.unila.ac.id

Priana, A., Narlan, A., Rahmat, A. A., Damayanti. S. S. (2022). Dryland Swimm Workout di Masa Pandeim. Riyadhoh, 5 (1), 81-88. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/riyadhohjurnal/article/view/6685

Qian, M., & J. M. (2020). COVID-19 and social distancing. Jurnal of Public Health, 30(1).

Schmidt, D., A. K., G. M., & S. v. (2016). The effect of high-intensity circuit training on physical fitness. J Sport Med Phys Fitness, 56(5), 34–40.

Scribbans, T.D., Vecsey, S., Hankinson, P.B., Foster., W.S., & Gurd, B.J. (2016). The Effect of Training Intensity on VO2 max in Young Healthy Adults : A Meta-Regression and Meta-Analysis. International Journal of Exercise Science, 9 (2), 230-247. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4836566/

Setyawan, Tri., T. (2007). Hubungan Kekuatan Otot dan Fleksibilitas Sendi dengan Prestasi Renang 50 M Gaya KupuKupu. Journal of Educational Research, 36 (1) : 61-67, journal.unnes.ac.id

Simbolon, M. E. M., S. K., N. D. E., S. M. A., & S. J. (2021). Dampak Covid-19 Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMP di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Riyadhoh, 4(1), 134–142.

Wen, D., Utesch, T.,Wu, J., Robertson. S., Liu, J., Hu, G., Chen, H. (2019). Effects of different protocols of high intensity interval training for VO2max improvements in adults: A meta-analysis of randomised controlled trials. Jurnal of Science Medicine in Sport: 22 (8), 941-947. https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S1440244018309198

Diterbitkan

04-08-2023

Cara Mengutip

Narlan, A., Priana, A., Gumilar, R. ., & Malik, A. A. (2023). Sosialisasi Rangkaian Gerak Dryland Swimming Workout kepada Atlet Renang GAC dan DAC sebagai Peningkatan Kondisi Fisik Dominan Olahraga Renang dan Opsi Latihan Renang di Darat. Inovasi Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 73–80. https://doi.org/10.54082/ijpm.114